Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Pemkot Malang Fokus Penanganan Banjir di 4 Titik, Termasuk di Suhat

Pemkot Malang fokus penanganan banjir di empat titik, yaitu Jalan Soekarno Hatta, Bandulan, Sawojajar, dan Jalan Ir Rais.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah | Editor: Zainuddin
Humas Pemkot Malang
Petugas normalisasi drainase air di Bandulan, Kota Malang beberapa waktu lalu 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Pemkot Malang fokus penanganan banjir di empat titik, yaitu Jalan Soekarno Hatta, Bandulan, Sawojajar, dan Jalan Ir Rais.

Kepala Dinas Perkerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Hadi Santoso mengatakan pihaknya akan membangun crossing sepanjang 1,8 kilometer di Jalan Soekarno Hatta.

Pihaknya mengajukan pembangunan crossing tersebut kepada Pemprov Jatim dengan anggaran senilai Rp 128 miliar.

"Crossing tersebut mulai jembatan Sudimoro sampai jembatan Suhat. Kami minta bantuan Pemprov untuk detail kedalaman dan konstruksi," ucap Hadi Santoso kepada SURYAMALANG.COM, Kami s(21/1/2021).

Pria yang akrab disapa Soni itu berharap crossing membuat tidak akan ada lagi banjir di Blimbing dan sekitarnya.

"Banyak manfaat dari crossing ini. Kami alirkan air ke Sungai Brantas. Nanti tidak akan ada lagi genangan air di sepanjang Jalan Ahmad Yani, Letjen Suparman, maupun Letjen Sutoyo Kota Malang," ucapnya.

DPUPRPKP juga berencana membuat afur-afur baru di sepanjang jalan dan di atas jembatan Bandulan.

Pihaknya menyayangkan banyaknya saluran air yang tertutup beton cor sehingga air tidak mengalir turun ke sungai di daerah tersebut.

"Kami sudah menyusuri mulai dari Bandulan atas sampai bawah. Bahkan kami sampai membongkar trotoar untuk membuat sudetan di sana, sekaligus membersihkan sampah yang menyumbat," ucapnya.

Di sisi lain, pihaknya akan membuat kajian dahulu untuk menyelesaikan banjir di Jalan Ir Rais.

Mengingat, sungainya berada di tengah perkampungan dan ketinggiannya hampir sama dengan jalan yang berada di perkampungan.

"Kami memantau Ir Rais dan Sawojajar. Untuk di Sawojajar, pengaturan pintu air di belakang kantor Diskopindag harus dimaksimalkan."

"Kalau pintu airnya ditutup sedikit saja, air tidak akan masuk ke daerah Sentani," tandasnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved