Breaking News:

Penanganan Covid

Alat Bantu Gagang Pintu Anti Covid-19 Rancangan ITS Diberi Nama Handle.it, Sudah Diproduksi

Desain alat bantu gagang pintu ini dikembangkan hingga dapat digunakan dengan prinsip contactless. Pintu dapat dibuka dan ditutup tanpa harus dipegang

SURYAMALANG.COM/Sulvi Sofiana
Purwarupa inovasi gagang pintu Handle it yang dirancang tim dosen dan mahasiswa Laboratorium Sains dan Teknologi Interior, Departemen Desain Interior Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk meminimalisasi penularan Covid-19. 

Penulis : Sulvi Sofiana , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Gagang pintu menjadi salah satu media penyebaran Covid-19.

Untuk itu tim dosen dan mahasiswa yang tergabung dalam Laboratorium Sains dan Teknologi Interior, Departemen Desain Interior Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) merancang alat bantu untuk gagang pintu yang diberi nama Handle.it.

Hal ini sebagai bentuk pengabdian masyarakat (Abmas) dalam meminimalisasi penularan virus.

Okta Putra Setio Ardianto, ketua Abmas Lab Sains dan Teknologi Interior ITS mengungkapkan, pembuatan Handle.it merupakan salah satu upaya mencegah penyebaran virus melalui droplet dari penderita Covid-19 yang lazim terjadi.

Droplet ini merupakan cairan yang dikeluarkan seseorang dari hidung atau mulut saat bersin, batuk, bahkan berbicara.

Cairan ini dapat menempel pada benda-benda di tempat umum seperti gagang pintu.

"Desain alat bantu gagang pintu ini dikembangkan hingga dapat digunakan dengan prinsip contactless. Dengan begitu, pintu dapat dibuka dan ditutup dengan lengan ataupun siku tanpa harus dipegang langsung menggunakan tangan,"ujarnya.

Menurutnya alat bantu gagang pintu seperti ini sudah ada di beberapa negara lain, namun pihaknya mengembangkan desainnya agar bisa sesuai dengan kondisi tempat terpasangnya alat.

Tak hanya itu, pembuatan alat bantu gagang pintu ini juga menggunakan prinsip design thinking dengan mengembangkan desain baru dari ide hingga pengujian purwarupa menggunakan printer 3D.

Halaman
12
Penulis: sulvi sofiana
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved