Breaking News:

Jendela Dunia

Amerika Kecam China Terkait Penyiksaan dan Pemerkosaan Sistematis Terhadap Wanita Muslim Suku Uighur

Amerika Kecam China Terkait Penyiksaan dan Pemerkosaan Sistematis Terhadap Wanita Muslim Suku Uighur

Editor: eko darmoko
AFP
Wanita muslim dari suku Uighur di China. 

SURYAMALANG.COM - Kabar pelecehan dan pemerkosaan terhadap wanita di kamp interniran etnik Uighur di Xinjiang, China, merebak kembali.

Pemerkosaan secara sistematis terhadap wanita dari etnik minoritas ini bahkan sampai mengusik Amerika Serikat (AS).

Seperti diketahui, suku Uighur yang memeluk agama Islam adalah salah satu suku minoritas resmi di Republik Rakyat Tiongkok (RRT) atau China.

Wikipedia menyebutkan, Uighur merupakan keturunan dari suku kuno Huihe yang tersebar di Asia Tengah, mereka menuturkan bahasa Uighur.

Dikutip SURYAMALANG.COM dari Kompas.com, Kementerian Luar Negeri AS mengatakan bahwa harus ada konsekuensi serius atas kekejaman yang dilakukan terhadap wanita Uighur, Rabu (3/2/2021).

BBC merilis laporan terbarunya yang menyebut bahwa wanita di kamp tersebut menjadi sasaran pemerkosaan, pelecehan seksual, dan penyiksaan.

Beberapa mantan tahanan dan seorang penjaga mengatakan kepada BBC bahwa mereka mengalami atau melihat bukti dari sistem pemerkosaan massal, pelecehan seksual, dan penyiksaan yang terorganisasi.

Saat dimintai komentar, Seorang Juru Bicara Kementerian Luar Negeri AS mengaku bahwa pihaknya sangat terganggu mendengar laporan itu sebagaimana dilansir dari Reuters.

"Kami sangat terganggu dengan laporan itu, termasuk kesaksian langsung, pemerkosaan sistematis, dan pelecehan seksual terhadap wanita di kamp-kamp interniran untuk etnik Uighur dan Muslim lainnya di Xinjiang," ujar juru bicara itu.

Juru bicara itu mengulangi tuduhan AS bahwa China telah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dan melakukan genosida atau pembantaian massal di Xinjiang.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved