Breaking News:

Berita Batu Hari Ini

Muskomwil IV Apeksi 2021 di Kota Batu Berlangsung Tertutup, Ada 8 Poin Draf Rekomendasi yang Dibahas

Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2021 dilaksanakan di Kota Batu

Pemkot Batu
Para peserta Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2021 berfoto bersama di Graha Pancasila, Balaikota Among Tani, Kota Batu, Kamis (4/2/2021). 

SURYAMALANG.COM | BATU - Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2021 dilaksanakan di Kota Batu, Kamis (4/2/2021). 

Kegiatan tahunan yang diikuti oleh 13 Pemerintah Kota di empat provinsi (Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT), berlangsung di Graha Pancasila Balaikota Among Tani Kota Batu.

Dalam sambutannya, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menyambut dengan bahagia para tamu undangan yang datang langsung ke Kota Batu maupun secara online.

Ia mendorong agar Muskomwil bisa menjadi momentum untuk menyatukan persepsi serta berbagi pengalaman mengatasi problematika dari daerah masing-masing.

“Semoga Muskomwil kali ini banyak ilmu bermanfaat yang bisa didiskusikan untuk memajukan masyarakat,” ujar Dewanti, Kamis (4/2/2021).

Muskomwil tersebut berlangsung secara tertutup. Wartawan pun tidak boleh wawancara selepas acara.

Kabid Komunikasi Diskominfo Kota Batu Andri Wijaya mengatakan, wartawan hanya akan menerima pers rilis saja.

“Untuk rekan-rekan media, ada sedikit koreksi terkait informasi yang telah kami sampaikan tadi. Mengingat terbatasnya waktu, wawancara khusus di pendopo setelah acara dibatalkan. Sebagai gantinya kami akan sampaikan pers rilis secara resmi dan akan kami lengkapi foto-foto serta video yang rekan-rekan butuhkan untuk kepentingan pembuatan berita. Demikian untuk menjadikan maklum, atas kerjasamanya yang baik, saya ucapkan terimakasih,” tulis Andri dalam pesan pendek yang berasal dari Kepala Dinas Kominfo Batu, M Agoes Machmoedi.

Dalam rilis resmi yang dikeluarkan, Wakil Ketua Dewan Pengurus Apeksi, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengapresiasi Pemkot Batu yang sudah menyelenggarakan Muskomwil IV menggantikan Probolinggo yang sedang berduka.

Beliau berharap dalam Muskomwil IV Apeksi dapat memutuskan rekomendasi terbaik untuk masyarakat.

Selanjutnya, dalam Sidang Pleno 1 dan 2, ditetapkan Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari sebagai Ketua Sidang, Sekda Probolinggo sebagai Wakil Ketua Sidang dan Perwakilan Kota Kupang sebagai Sekretaris Sidang.

Dalam sidang pleno tersebut, ada 8 poin utama draf rekomendasi yang akan diajukan ke Munas Apeksi, 11 Februari di Jakarta nanti.

Kedelapan poin itu mencakup pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid-19, isu UU Cipta Kerja, Dana Kelurahan, penerapan SIPD, penyelesaian pegawai honorer, perlunya perubahan Perpres No 33 Tahun 2020 serta PP No 109 Tahun 2000.

Setelah melalui musyawarah, mufakat, akhirnya Pengurus Komwil IV Apeksi memberikan mandat kepada Wali Kota Kupang Jefirstson R Riwu Kore sebagai ketua dan Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari sebagai Wakil Ketua Apeksi Periode 2021-2024.

Pengukuhan pengurus dilakukan oleh ketua Dewan Pengurus Apeksi, Airin Rachmi Diany.

Penulis: Benni Indo
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved