Tips Kesehatan

Cara Mencegah dan Mengatasi Kolesterol Tinggi, Tetap Menang dan Tenang Makan Makanan Bersantan

Ada 5 cara mencegah kolesterol tinggi yang bisa diterapkan supaya bisa tetap tenang dan aman mengkonsumsi makanan bersantan

Editor: Dyan Rekohadi
Kompas.com
ILUSTRASI 

SURYAMALANG.COM - Cara mencegah dan mengatasi masalah kolesterol tinggi dalam artikel ini bisa menjadai referensi, khususnya bagi anda yang gemar melahap makanan bersantan.

Kolesterol tinggi menjadi momok bagi sebagian orang dan menjadi ancaman bagi yang lain yang memiliki pola hidup dan pola makan yang kurang sehat.

Makanan bersantan menjadi musuh bersama bagi mereka yang berusaha menjaga kandungan kolesterol di dalam darah.

Berikut ini ini ada 5 cara mencegah kolesterol tinggi yang bisa diterapkan supaya bisa tetap tenang dan aman mengkonsumsi makanan bersantan, supaya kolesterol jahat tidak merajalela.

Dengan menerapkan beberapa langkah saja, kesehatan akan tetap aman dan terjaga walaupun tetap memakan hidangan bersantan.

Hal-hal yang perlu dilakukan misalnya saja:

1. Cara Memasak Santan yang Benar

Dilansir dari situs Klikdokter, santan ternyata kaya akan serat, vitamin, E, B1, B3, B5, B6, besi, selenium, sodium, kalsium, magnesium, dan fosfor.

Namun, karena dimasak hingga mendidih kandungan asam lemak di dalamnya berubah menjadi lemak jenuh sehingga meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Sebaiknya hindari masak santan hingga mendidih, dan hindari pula memanaskan makanan bersantan berulang kali karena dapat menciptakan lapisan minyak yang menyebabkan kolesterol tinggi bila dikonsumsi.

Selain cara memasak yang benar, para ahli juga menyarankan untuk mengkonsumsi santan seminggu sekali saja.

2. Mengkonsumsi Sayur dan Buah-buahan

Selain memasak dan mengkonsumsi santan secara benar, untuk menurunkan kolesterol jahat dianjurkan juga mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Tinggi serat, dua jenis makanan ini akan mengikat kolesterol di dalam usus sehingga mengurangi jumlah yang masuk ke dalam darah.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved