Breaking News:

Jendela Dunia

UPDATE Kudeta Myanmar : Suasana Mencekam, Kendaraan Lapis Baja Diterjunkan, Jaringan Internet Lumpuh

UPDATE Kudeta Myanmar : Suasana Mencekam, Diterjunkan Kendaraan Lapis Baja Hingga Internet Lumpuh

DVB via AP
Tangkapan layar dari video yang direkam Democratic Voice of Burma (DVB), menunjukkan dua tentara bersenjata melintas dengan kendaraan lapis baja di jalan Yangon, Myanmar, pada Minggu (14/2/2021). 

SURYAMALANG.COM - Selama delapan jam jaringan internet dilumpuhkan saat aksi demonstrasi pengunjuk rasa melawan kudeta oleh militer Myanmar, Selasa (16/2/2021).

Jaringan internet ini kemudian diaktifkan kembali pada pukul 09.00 waktu setempat, Selasa (16/2/2021), dikutip SURYAMALANG.COM dari Kompas.com.

Organisasi pemantau internet dari Inggris, NetBlocks, melaporkan, sambungan internet di Myanmar padam pada pukul 01.00 waktu lokal atau 18.30 GMT pada tanggal 15 Januari 2021 lalu.

Berdasarkan data dari NetBlocks, data jaringan secara real time di Myanmar, menunjukkan, dari yang semula konektivitas 100 persen, turun drastis dengan konektivitas hanya sebesar 14 persen.

Seluruh sambungan mati, termasuk surat elektronik maupun aplikasi perpesanan tidak dapat digunakan.

Gangguan ini datang setelah Militer Myanmar menerjunkan kendaraan lapis baja di jalanan kota untuk menakuti ribuan demonstran yang berunjuk rasa menentang kudeta.

Sambungan internet baru hidup kembali delapan jam setelahnya, pada pukul 09.00 waktu lokal atau 2.30 GMT.

Dilansir dari theguardian.com, kendaraan lapis baja tersebut terlihat di jalanan Yangon, setelah itu koneksi internet dipadamkan saat aksi unjuk rasa bergulir.

Demonstran yang kebanyakan adalah pemuda memang menggunakan internet untuk mengorganisasi, mendokumentasikan protes mereka, termasuk aksi polisi yang menggunakan senjata peluru karet, bahkan amunisi.

Pernyataan Kedutaan

Halaman
1234
Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved