Breaking News:

Bank Mandiri Ingatkan Nasabah Segera Tukar Kartu ATM Sebelum Diblokir, Begitu Juga BCA, BRI dan BNI

Pihak Bank Mandiri mengingatkan para nasabahnya untuk segera menukar kartu ATM lama menjadi kartu ATM berchip sebelum diblokir. 

Penulis: Frida Anjani | Editor: Adrianus Adhi
Tribunnews
Ilustrasi Kartu ATM 

SURYAMALANG.COM - Pihak Bank Mandiri mengingatkan para nasabahnya untuk segera menukar kartu ATM lama menjadi kartu ATM berchip sebelum diblokir. 

Tak hanya Bank Mandiri, deretan bank di Tanah Air seperti Bank BRI, Bank BNI dan Bank BCA akan segera blokir kartu ATM lama berbasis magnetic stripes.

Untuk tetap bisa melakukan transaksi keuangan, para nasabah bank-bank tersebut diminta untuk segera mengganti kartu ATM berbasis chip. 

Pada Jumat (26/3/2021), Bank Mandiri menghimbau agar nasabah segera mengganti kartu debit dari magnetic stripe ke chip seiring kebijakan Bank Indonesia yang mewajibkan penggunaan kartu chip 100% mulai 1 Januari 2022.

Ilustrasi Kartu Atm Bank BRI, BNI, Mandiri dan BCA
Ilustrasi Kartu Atm Bank BRI, BNI, Mandiri dan BCA (Tribunnews)

Hal ini sesuai Surat Edaran BI No.17/52/DKSP tentang implementasi Standar Nasional Teknologi Chip dan Penggunaan Personal Identification Number Online 6 (Enam) Digit untuk Kartu ATM dan/atau Kartu Debit yang diterbitkan di Indonesia.

"Salah satu tujuan konversi kartu debit magnetic stripe ke chip ini adalah untuk meminimalisir tindak kejahatan perbankan dengan modus pencurian data atau skimming," kata Direktur Jaringan dan Retail Banking Bank Mandiri Aquarius Rudianto.

Untuk mempercepat proses konversi tersebut, Aquarius menambahkan, pihaknya akan menerapkan kebijakan penonaktifan kartu debit magnetic stripe secara bertahap.

Kebijakan ini pun telah disosialisasikan melalui website, akun resmi media sosial Bank Mandiri, materi promosi di cabang, informasi di layar ATM serta billboard elektronik, serta informasi blast melalui sms dan whatsapp kepada nasabah sejak awal tahun ini.

Dia menjelaskan kebijakan penonaktifan kartu debit magnetic stripe akan dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap pertama mulai 1 April 2021 untuk kartu dengan expiry date 2021-2022.

Kemudian, tahap kedua mulai 1 Juni 2021 untuk kartu dengan expiry date 2023-2025, dan tahap ketiga mulai 1 Juli 2021 untuk kartu dengan expiry date 2026-ke atas.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved