Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Pakai Lampu LED, Sutiaji Klaim Tagihan Listrik PJU di Kota Malang Jadi Lebih Hemat

Semenjak Kota Malang menggunakan lampu LED untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) membuat tagihan listrik di Kota Malang mengalami penurunan

rifky edgar/suryamalang.com
Wali Kota Malang, Sutiaji, saat menghadiri workshop berkaitan dengan PJU Smart di Hotel Santika Kota Malang, Selasa (6/4/2021). 

Berita Malang Hari Ini
Reporter: Rifky Edgar
Editor Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | MALANG - Semenjak Kota Malang menggunakan lampu LED untuk Penerangan Jalan Umum (PJU) membuat tagihan listrik di Kota Malang mengalami penurunan.

Wali Kota Malang, Sutiaji, mengatakan bahwa Kota Malang saat ini sudah melakukan penghematan berkaitan dengan PJU.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Malang, usai menghadiri undangan berkaitan dengan PJU berbasis smart di Hotel Santika, Kota Malang, Selasa (6/4/2021).

"Praktisnya itu berkaitan dengan penghematan. Kota Malang sudah hemat sekarang dan surplus kita sudah Rp 4 Miliar per tahunnya," ucapnya.

Sutiaji mengatakan, bahwa PJU di Kota Malang saat ini sudah menggunakan lampu LED.

Akan tetapi, belum berbasis smart light.

Pihaknya berkeinginan untuk menjadikan PJU di Kota Malang berbasis smart sesuai dengan program Wali Kota Malang yang ingin menjadikan Kota Malang berbasis ke smart city.

"Kita sudah LED ya, ke depan kita harus bisa smart light. Ini kita masih memasarkan. Sembari melihat kualifikasinya dan lain sebagainya," ucapnya.

Sutiaji menjelaskan, melalui PJU berbasis smart tersebut nantinya akan lebih mudah petugas dalam melakukan pengawasan, terutama ketika terjadi permasalahan seperti lampu padam, maka akan dapat langsung termonitor tanpa harus menunggu laporan masyarakat.

Melalui hal itulah, diharapkan dapat menjawab permasalahan yang terjadi berkaitan dengan pelayanan publik di Kota Malang.

"Jadi IT itu yang nanti menjawab ke masyarakat. Dengan begitu, maka kepercayaan kepada masyarakat akan tinggi. Ligitimasi kebijakan kuat. Di saat itulah program yang dikeluarkan akan dapat diterima oleh masyarakat," tandasnya.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved