Breaking News:

Gempa di Jawa Timur

Update Gempa di Malang : Ratusan Rumah Rusak di 22 Kecamatan dan Tewaskan Satu Orang

Update Gempa di Malang: Ratusan Rumah Rusak di 22 Kecamatan dan Tewaskan 1 Orang

BPBD
Tembok rumah milik warga Bandulan Kota Malang ambruk akibat gempa, Sabtu (10/4/2021). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Gempa melanda Malang Raya dan sekitarnya menyebabkan ratusan rumah rusak dan menewaskan satu orang warga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bambang Istiawan mengatakan, bahwa kerusakan rumah terjadi di 22 Kecamatan di Kabupaten Malang.

Sementara korban yang meninggal dunia terjadi di Ampilgading, Kabupaten Malang.

"Data sementara ada 22 Kecamatan yang terdampak dan menewaskan satu orang di Ampelgading, kami akan terus melakukan update data," ucapnya, Sabtu (10/4/2021).

Saat ini, pihaknya masih melakukan pendataan lebih lanjut terkait dengan jumlah kerusakan rumah akibat gempa bumi yang melanda di Kabupaten Malang.

Karena selain rumah yang rusak, juga ada sebuah bangunan sekolah yang rusak di MAN 2 Malang, Turen Kabupaten Malang.

"Ini masih terus kami lakukan pendataan. Karena dari pendataan itu yang nantinya kami dapat mengetahui kondisi kerusakan yang terjadi," ucapnya.

Sementara itu, berdasarkan data dari BNPB, hingga pukul 18.00 WIB, mencatat total warga meninggal dunia berjumlah 6 warga dan 1 lain mengalami luka berat.

Rincian korban meninggal dunia, 3 orang meninggal dunia di Kabupaten Lumajang, sedangkan masing-masing 2 warga meninggal di antara wilayah Lumajang dan Kabupaten Malang dan 1 di Kabupaten Malang.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Lumajang mencatat ada titik pengungsian di Desa Kali Uling, Kecamatan Tempur Sari. Jumlah warga mengungsi masih dalam pendataan. Sedangkan di Kabupaten Malang, Blitar, Trenggalek dan Tulungagung belum ada laporan warga yang mengungsi. 

Terkait dengan kerusakan, BPBD beberapa wilayah masih terus melakukan pendataan di lapangan. Informasi sementara, BPBD Kabupaten Tulungagung menginformasikan kerusakan rumah rata-rata pada tingkat rusak ringan. 

Di wilayah Kabupaten Trenggalek dan Kota Malang, kerusakan rumah pada kategori rusak ringan hingga sedang. Sedangkan di Kabupaten Lumajang, Malang dan Blitar, tingkat kerusakan rata-rata ringan hingga berat. 

BNPB terus berkoordinasi dan memantau kondisi di lokasi bencana dengan berkoordinasi dengan BPBD di wilayah Provinsi Jawa Timur. 

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved