Breaking News:

Berita Blitar Hari Ini

Penumpang Mulai Jalani Skrining Covid-19 dengan GeNose C19 di Terminal Patria Kota Blitar

Terminal Tipe A Patria Kota Blitar mulai uji coba skrining Covid-19 menggunakan alat GeNose C19 kepada penumpang, Selasa (20/4/2021).

SURYAMALANG.COM/Samsul Hadi
Uji coba skrining Covid-19 menggunakan alat GeNose C19 kepada penumpang di Terminal Tipe A Patria Kota Blitar, Selasa (20/4/2021). 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Terminal Tipe A Patria Kota Blitar mulai uji coba skrining Covid-19 menggunakan alat GeNose C19 kepada penumpang, Selasa (20/4/2021).

Dalam uji coba ini, petugas melakukan skrining secara acak kepada 10 penumpang baik yang akan berangkat maupun yang datang di terminal setiap harinya.

"Kami targetkan melakukan skrining secara acak kepada 10 penumpang per hari," kata Verie Sugiharto, Kepala Terminal Tipe A Patria Kota Blitar kepada SURYAMALANG.COM.

Verie mengatakan uji coba alat skrining GeNose C19 sudah berlangsung dua hari ini.

Pada hari pertama ada 10 penumpang yang menjalani skrining dan semua hasilnya negatif.

"Hari kedua ini, hingga pukul 13.00 WIB masih dapat lima penumpang dan semua hasilnya negatif. Hari Selasa memang sepi penumpang," ujar Verie.

Menurutnya, skrining Covid-19 menggunakan alat GeNose dilakukan secara gratis kepada penumpang.

Terminal Patria menyediakan 300 kantong plastik khusus untuk menampung hembusan napas penumpang yang akan dites menggunakan GeNose C19.

Sedang alat skrining GeNose hanya ada satu unit yang merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

"Setiap hari akan kami lakukan skrining secara acara kepada penumpang di terminal," katanya.

Menurut Verie, jika ada penumpang dinyatakan positif hasil skrining GeNose C19, maka penumpang itu diminta istirahat dulu sekitar 30 menit.

Setelah itu, petugas akan melakukan skrining kedua kepada penumpang tersebut.

Jika hasil skrining kedua tetap positif, maka petugas akan meminta penumpang itu pulang ke rumah dan tidak melanjutkan perjalanan naik bus.

"Besoknya, penumpang tersebut kami skrining lagi dan jika hasilnya tetap positif kami akan koordinasi dengan Satgas Covid-19 untuk penanganan lebih lanjut," katanya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved