Ramadan 2021

Ramadan 2021, Puasa Vs Kebangkitan Wirausaha

Di samping banyak keutamaannya, Ramadan juga banyak mendatangkan keberkahan bagi umat manusia, khususnya yang bergerak dalam dunia usaha.

Editor: isy
istimewa/dok pribadi
Noor Shodiq Askandar, Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Jatim dan Wakil Rektor Unisma Malang 

Ramadan 2021
Oleh Noor Shodiq Askandar
Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Jatim dan Wakil Rektor Unisma Malang

SURYAMALANG.COM - Sudah beberapa hari ini umat Islam memasuki bulan yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT, yakni bulan Ramadan.

Di bulan Ramadan ini, Allah SWT menurunkan banyak rahmat, memberikan ampunan atas kesalahan yang dilakukan, dan kemudian membebaskan umat yang berpuasa dengan baik dari panasnya api neraka.

Tidak heran jika kemudian umat Islam menyambutnya dengan gegap gempita kegembiraan karena sudah menunggunya sedemikian lama.

Bahkan dua bulan berturut turut sejak memasuki bulan rajab, setiap hari berdoa agar memperoleh keberkahan bulan rajab, sya’ban dan kemudian dipertemukan dengan Ramadan karim.

Dalam bulan Ramadan pula Allah SWT menurunkan Alquran sebagai pedoman utama umat Islam agar dapat menjalani kehidupan yang selamat baik di dunia maupun akhirat.

Alquran diturunkan sebagai petunjuk bagi ummat manusia baik dalam hubungan dengan Allah SWT, hubungan dengan sesama ummat manusia, maupun hubungan dengan alam (hablum minallah, hablum minannas, wahablum minal ‘alam).

Kemuliaan Ramadan ditandai pula dengan malam yang lebih baik dari 1.000 bulan.

Malam yang disebut juga sebagai Llailatul Qodar.

Malam yang ditunggu oleh seluruh umat Islam untuk menemuinya.

Beragam cara dilakukan baik dengan meningkatkan amal ibadah, amal sedekah, maupun amal lainnya yang dipandang dapat memberikan manfaat.

Tidak ada satupun yang kemudian tidak ingin bertemu dengan malam tersebut, karena keberkahan yang dapat diperoleh manakala dapat menemuinya.

Ramadan dan Tumbuhnya Wirausaha
Di samping banyak keutamaannya, Ramadan juga banyak mendatangkan keberkahan bagi umat manusia, khususnya yang bergerak dalam dunia usaha.

Bagi sebagian besar umat Islam di dunia, dan khususnya Indonesia, kedatangan Ramadan tidak hanya disambut dengan gembira, akan tetapi juga ditandai dengan banyak hal.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved