Breaking News:

Virus Corona di Surabaya

Demi Bantu Pasien Covid-19, Tempat Parkir Hingga 5 Kontainer Disulap Jadi Ruang di RSUD dr Soetomo

RSUD Dr.Soetomo menyulap lima unit peti kemas (kontainer) menjadi Ruang Triase (Triage) untuk mengoptimalkan penanganan pasien Covid-19 di Jatim.

Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Humas Pemprov Jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau RSUD dr Soetomo, Surabaya, Minggu (11/7/2021). 

Penulis : Luhur Pambudi

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Kontainer yang disulap jadi Ruang perawatan pasien kini jadi terobosan baru sebagai bagian dari upaya baru mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

RSUD Dr.Soetomo menyulap lima unit peti kemas (kontainer) menjadi Ruang Triase (Triage) untuk mengoptimalkan penanganan pasien Covid-19 di Jatim.

Ruang yang berfungsi sebagai penerapan prosedur penentuan jenis intervensi medis pasien tersebut, akan diletakkan tepat di depan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD dr Soetomo.

Satu buah kontainer Ruang Triage tersebut dapat menampung sedikitnya 25 orang pasien bergejala sedang, bila disekat menjadi lima area.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa berharap, penyediaan tambahan ruang perawatan medis pasien di RS tersebut , dapat menjadi solusi dari permasalahan membeludaknya pasien rujukan yang dikirim ke RSUD dr Soetomo hingga membuat pelayanan overload.

“Teman-teman bisa melihat pasien sampai meluber di selasar, maka setelah tempat ini siap mereka akan segera dipindahkan ke triage ini,” ujarnya saat meninjau RSUD dr Soetomo, Surabaya, Minggu (11/7/2021).

Khofifah menerangkan, satu kontainer akan disekat menjadi lima area kamar yang mampu menampung sedikitnya 25 orang pasien.

Pada masing-masing kamar nantinya, bakal tersedia 5 kasur (bed) termasuk penyaring udara ruangan; Hepa Filter, untuk bisa memberikan layanan bagi 5 orang pasien. 

"Bahkan, pasien yang sebelumnya berada di selasar, sudah mulai bergerak menuju kontainer yang disulap menjadi triage UGD," jelasnya.

Halaman
1234
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved