Breaking News:

Daftar Peta PPKM Darurat di Jatim, 12 Daerah Masuk Level 4 dan 26 Daerah Masuk Level 3

Khofifah Indar Parawansa telah mengeluarkan SK Gubernur Jatim yang memuat aturan perpanjangan PPKM Darurat.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Zainuddin
TribunJatim/Yusron Naufal Putra
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa telah mengeluarkan SK Gubernur Jatim yang memuat aturan perpanjangan PPKM Darurat.

Menurutnya, aturan dalam SK Gubernur Jatim ini akan sedikit lebih longgar dibandingkan sebelumnya.

Diharap kelonggaran ini bisa tetap menumbuhkan ekonomi bagi masyatakat Jatim.

"PKL dan warung bisa buka sampai pukul 21.00 WIB," kata Khofifah kepada SURYAMALANG.COM, Rabu (21/7/2021).

Khofifah mengatakan ada pemetaan wilayah yang menerapkan leveling.

Ada 12 daerah di Jatim yang masuk PPKM level 4, dan ada 26 daerah yang masuk PPKM level 3.

Kabupaten/kota yang masuk level resiko 3 adalah Tuban, Trenggalek, Situbondo, Sampang, Ponorogo, Kabupaten Pasuruan, Pamekasan, Pacitan, Ngawi, Nganjuk, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, Magetan, Lumajang, Kediri, Jombang, Jember, Bondowoso, Bojonegoro, Blitar, Banyuwangi, Bangkalan, Sumenep, Probolinggo, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan.

Sedangkan daerah yang masuk level 4 di Jawa Timur mencangkup Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Lamongan, Gresik, Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Madiun, Kota Kediri, Kota Blitar, dan Kota Batu.

Presiden Joko Widodo telah mengumumkan bahwa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat (PPKM darurat) diperpanjang hingga 25 Juli 2021.

Instruksi Menteri Dalam Negeri bernomor 22 tahun 2021 telah diterbitkan yang memuat tentang PPKM level 4 Covid-19 di wilayah Jawa dan Bali.

Di Inmendagri itu, dijelaskan bahwa tedapat sejumlah daerah di Jawa - Bali yang risiko penularan Covid-19-nya ada di level 3 dan 4. Daerah-daerah itu wajib menerapkan kembali sejumlah aturan perpanjangan PPKM Darurat hingga 25 Juli 2021.

Suatu daerah masuk level 3 jika ada 10-30 orang per 100 ribu penduduk dalam satu minggu terakhir yang dirawat di rumah sakit.

Kemudian, 2-5 kasus kematian per 100 ribu penduduk, dan 50 sampai 150 kasus aktif per 100 ribu penduduk dalam rentang dua minggu.

Daerah dikatakan masuk level 4 jika ada lebih dari 30 orang per 100 ribu penduduk dalam satu minggu terakhir yang dirawat di rumah sakit.

Kemudian, lebih dari 5 kasus kematian per 100 ribu penduduk, dan lebih dari 150 kasus aktif per 100 ribu penduduk dalam rentang dua minggu.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved