Breaking News:

Optimalkan Traffic Light di Dua Titik, Dishub Kota Malang Bangun ATCS

Dinas Perhubungan Kota Malang bakal membangun dua traffic light adaptif menggunakan sistem Area Traffic Control System (ATCS).

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah | Editor: eben haezer
suryamalang/rifky edgar
Traffic light di persimpangan Kayutangan Kota Malang akan dilengkapi sistem ATCS 

SURYAMALANG, MALANG - Dinas Perhubungan Kota Malang bakal membangun dua traffic light adaptif menggunakan sistem Area Traffic Control System (ATCS).

Traffic light adaptif itu berlokasi di persimpangan Rajabali dan Persimpangan Kayutangan yang berada di depan kantor PLN Kota Malang.

Prosesnya pun sedang memasuki tahap lelang di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dengan nilai HPS sebesar Rp 2,6 miliar.

Kepala Dishub Kota Malang, Heru Mulyono melalui Kepala Bidang Lalu Lintas mengatakan, bahwa selama ini di dua titik tersebut traffic light-nya tidak menggunakan sistem ATCS. 

"Memang di dua lokasi ini belum ATCS. Makannya dianggarkan untuk melakukan pengoptimalan," ucapnya, Sabtu (31/7).

Dari 39 traffic light di Kota Malang, baik jalan nasional, provinsi dan kota, hanya tinggal empat traffic light yang belum menggunakan sistem ATCS.

Empat traffic light tersebut berada di persimpangan Ijen (Bareng), persimpangan Cengger Ayam, persimpangan Jalan Pattimura dan Persimpangan Mergan.

Dishub menargetkan, di tahun depan keempat persimpangan tersebut bisa menggunakan ATCS agar lebih mudah dilakukan pemantauan.

"Jadi dengan ATCS ini kami lebih memudah mengontrol lalu lintas apabila ada kemacetan. Ini termasuk pengoptimalan traffic light dengan teknologi," ucapnya.

Dishub Kota Malang menargetkan, pembangunan ATCS di di persimpangan Rajabali dan persimpangan Kayutangan ditargetkan tuntas pada tahun ini.

Mengingat, kedua persimpangan tersebut terletak di jantung Kota Malang.

"Tahun ini targetnya selesai. Karena nanti ATCS ini menggunakan fiber optik. Agar nantinya bisa kami pantau langsung di ruangan ATCS yang ada di kantor Dishub Kota Malang," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved