Breaking News:

Berita Blitar Hari Ini

BPCB Jatim Sebut Temuan Struktur Bata Kuno di Kota Blitar Berpotensi Diteliti Lebih Lanjut

BPCB Jatim menganggap, selama ini, belum pernah ada temuan situs hunian pada masa lalu di wilayah Blitar.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: isy
samsul hadi/suryamalang.com
Temuan struktur bata kuno di persawahan Kelurahan Karangtengah, Sananwetan, Kota Blitar, Jumat (24/9/2021). 

Berita Blitar Hari Ini
Reporter: Samsul Hadi
Editor: Irwan Sy (ISY)

SURYAMALANG.COM | BLITAR - BPCB Jatim menyebutkan indikasi situs hunian pada temuan struktur bata kuno di persawahan Kelurahan Karangtengah, Sananwetan, Kota Blitar, berpotensi untuk dilakukan penelitian dan ekskavasi penyelamatan. 

Sebab, BPCB Jatim menganggap, selama ini, belum pernah ada temuan situs hunian pada masa lalu di wilayah Blitar.

"Potensi untuk dilakukan penelitian dan ekskavasi penyelamatan cukup besar. Dari pengalaman yang saya baca dan ekskavasi temuan di wilayah Blitar, lebih banyak untuk kepentingan sakral. Obyeknya bersifat untuk kesakralan, tapi kalau yang bersifat hunian belum ada," kata Arkeolog BPCB Jatim, Nonuk Kristiana, Jumat (24/9/2021).

Nonuk mengatakan dari hasil survei penyelamatan selama lima hari, BPCB Jatim akan melakukan analisis, interprestasi awal, dan selanjutnya rekomendasi. 

Dengan data temuan struktur bata dan temuan lepas dari bahan tanah liat berupa fragmen gerabah, BPCB mengindikasi di lokasi merupakan situs hunian. 

"Karena ini peninggalan masa lalu yang sangat potensial untuk dilakukan penelitian dan ekskavasi penyelamatan," ujarnya. 

Nonuk menjelaskan, di wilayah Blitar belum ada peninggalan masa lalu yang cukup kuat disebut situs hunian. 

Menurutnya, di Kompleks Candi Penataran memang ada hunian masa lalu, tapi lebih berfungsi sebagai wanasrama atau tempat pertapaan.

"Sepanjang yang saya, di wilayah Blitar, belum ada temuan yang cukup kuat disebut situs hunian. Kalau hunian ada di kompleks Candi Penataran. Di kompleks Candi Penataran ada wanasrama, tempat guru dan murid maupun penjaga candi," katanya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved