Breaking News:

Travelling

Bukit Sepi Angin Lereng Gunung Lawu Magetan Kaya Arca Situs Kuno Majapahit, Tapi Banyak yang Hilang

Tapi sayangnya, arca situs purbakala di bukit Sepi Angin berada diperbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah disebut, sudah mulai banyak yang raib.

Penulis: Doni Prasetyo | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Doni Prasetyo
Sarengat menceritakan situs zaman Mojopahit, di Bukit Sepi Angin, Gunung Lawu, Magetan, Jawa Timur, Minggu (26/9/20210. Arca- arcanya banyak yang hilang, karena tidak terurus. 

SURYAMALANG.COM, MAGETAN - Wilayah Perbukitan Sepi Angin yang tepatnya berada di lereng Gunung Lawu bagian Selatan menyimpan kekayaan berupa situs yang diduga dari masa kerajaan Majapahit.

Tapi sayangnya, situs purbakala di bukit Sepi Angin berada diperbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah disebut, sudah mulai banyak yang raib.

Warga menilai Pemerintah Kabupaten Magetan tidak memberi perhatian dari keberadaan situs berupa arca yang terletak di wilayah Perbukitan Sepi Angin .

Dimungkinkan tidak hanya satu arca yang raib dari situs purbakala itu, ada beberapa.

Karena warga sekitar meski tidak secara intensif merawat, namun hafal bentuk dan nama nama arca peninggalan kerajaan kuno ini.

"Batu arca yang hilang, ada yang berbentuk wajah manusia bertaring kayak buta. Ada batu lingga, dan batu batu khas pecahan bangunan candi. Dulu kesemuanya ada di sini di hutan lereng Gunung Lawu,"kata Sarengat warga Dusun Wonomulyo,  Desa Genilangit, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan, Jawa Timur ini.

Sarengat dan warga sekitar hafal arca arca dari situs peninggalan bersejarah itu.

Bahkan tidak hanya nama tapi bentuk secara spesifik.

Sebetulnya warga melalui desa sudah sering menyampaikan keberadaan situs kuno ini.

Tapi hingga hilang semua ini, Pemkab Magetan belum ada perhatian.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved