Breaking News:

Cerminan Humanisme dalam Merdeka Belajar

'Uthlubul ‘ilma minal mahdi ilal lahdi' merupakan hadits nabi Muhammad SAW. yang artinya 'tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat'.

Editor: Zainuddin
Dyan Puspita Sari, Mahasiswi Magister PAI Universitas Muhammadiyah Malang 

Oleh : Dyan Puspita Sari
(Mahasiswi Magister PAI Universitas Muhammadiyah Malang

'Uthlubul ‘ilma minal mahdi ilal lahdi' merupakan hadits nabi Muhammad SAW. yang artinya 'tuntutlah ilmu dari buaian sampai ke liang lahat'.

Hadits tersebut bermakna bahwa sesunguhnya belajar itu merupakan hak dan kewajiban bagi setiap manusia tanpa memandang usia, yaitu belajar bisa dimulai dari sebelum lahir hingga akhir hayat.

Tidak terpatok pada gender, usia, status, jenjang Pendidikan dan sebagainya. 

Belajar juga dapat dilakukan dalam bentuk teori maupun praktik.  

Belajar merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap orang, baik dilakukan disekolah maupun dilakukan secara mandiri di rumah.

Sebagian besar siswa melakukan kegiatan belajar hanya untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai macam ujian, mulai dari ujian harian, ujian tengah semester, ujian kenaikan kelas, hingga belajar untuk masuk ke jenjang yang lebih tinggi.

Tujuan belajar yang lebih luas adalah untuk meningkatkan kemandirian, melatih kemampuan berfikir, mengembangkan kecerdasan, dan meningkatkan kemampuan mengolah informasi lebih baik.

Guru adalah orang yang mendidik, mengadakan pembelajaran, memberikan bimbingan, mengadakan evaluasi, dan memberikan penilaian kepada siswa.

Guru juga biasa disebut dengan uswah hasanah bukan hanya untuk siswa saja tetapi juga masyarakat sekitar.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved