Breaking News:

Berita Surabaya Hari Ini

Ada 227 Ribu Anak Usia 6-11 Tahun yang Akan Menerima Vaksin Covid-19 di Surabaya

Pelaksanaan vaksinasi bisa di sekolah, fasilitas kesehatan (faskes), maupun sentra vaksinasi (massal) seperti di Lapangan Thor atau Gelora 10 November

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar berusia 12-18 tahun yang dilakukan Pemkot Surabaya Agustus lalu. 

SURYAMALANG.COM|SURABAYA - Pemkot Surabaya bersiap melaksanakan vaksinasi Covid-19 untuk usia 6-11 tahun. Rencananya, ada sekitar 227 ribu anak yang mendapat vaksinasi di Kota Pahlawan. 

"Data hingga hari ini, ada 227 ribu anak usia 6-11 tahun yang akan menerima vaksin. Data ini dinamis, mengingat usia anak yang juga bertambah," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Surabaya, Febriadhitya Prajatara, di Surabaya, Senin (13/12/2021). 

Terbanyak, vaksinasi anak akan diikuti usia 6 tahun yang mencapai sekitar 40 ribu anak. Kemudian, disusul usia 7 tahun sekitar 39 ribu anak, usia 8 tahun sekitar 38 ribu anak, usia 9 tahun sebanyak 37 ribu anak, usia 10 tahun sekitar 36 ribu anak, dan usia 11 tahun sekitar 35 ribu anak. 

Sekalipun demikian, pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan. Sebelumnya, Kemenkes baru menjelaskan bahwa vaksin anak akan dimulai 14 Desember. 

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kemenkes dr. Maxi Rein Rondonuwu menjelaskan bahwa vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria tertentu. Misalnya, cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70 persen dan cakupan vaksinasi Lansia di atas 60 persen.

Sedangkan sampai saat ini, baru 106 kabupaten/kota dari 11 provinsi yang sudah memenuhi kriteria tersebut. Di antaranya, Banten, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, dan Bali.

Menurutnya, Surabaya belum menerima pemberitahuan dari pemerintah pusat. "Namun, untuk kepastiannya, kami masih menunggu Juknis dari Kemenkes," katanya. 

Selain menghitung target sasaran, Pemkot juga menyiapkan teknis vaksinasi. Di antaranya, lokasi penyuntikan. 

Pemkot menyiapkan sejumlah lokasi untuk menghindari penumpukan antrean. " katanya. 

Selain itu, pihaknya memastikan stok vaksin untuk vaksinasi anak juga tersedia. "Instruksi dari Kemenkes, vaksinasi anak menggunakan Shinovac. Kami siap, begitu Juknisnya turun," katanya. 

Halaman
123
Sumber: surya.co.id
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved