Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Mahasiswi UMM Raih Juara 1 di Kejuaraan Bandung Lautan Api Championship III

"Emosi dan gerakan harus selaras agar tidak terjadi salah gerak. Apalagi ini adalah kompetisi seni yang menilai keindahan dan keteraturan gerak,”

Humas UMM
Yulia Nastuti, mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Kesehatan (FIKES) UMM meraih juara 1 nasional pencak silat kategori seni tunggal tangan kosong d dewasa di kejuaraan Bandung Lautan Api Championship III. 

SURYAMALANG.COM|MALANG- Yulia Nastuti, mahasiswa Prodi Farmasi Fakultas Kesehatan (FIKES) UMM meraih juara 1 nasional pencak silat kategori seni tunggal tangan kosong d dewasa di kejuaraan Bandung Lautan Api Championship III. Kegiatan disleenggarakan luring di GOR Institut Teknologi Bandung Jatinangor pada akhir Desember 2021.

Yulia, panggilan akrabnya, sudah berlatih satu bulan sebelum perlombaan. Tujuannya untuk menghafalkan gerakan-gerakan jurus. Menurutnya, pendalaman emosi memiliki pengaruh besar dalam proses penghafalan jurus sehingga tidak terasa kaku.

"Emosi dan gerakan harus selaras agar tidak terjadi salah gerak. Apalagi ini adalah kompetisi seni yang menilai keindahan dan keteraturan gerak,” ucapnya, Selasa (4/1/2022). 

Sebagai atlet, ia bergabung di Tapak Suci (TS) UMM. Dengan teman-temannya, ia berlatih dalam mempersiapkan penampilan matang untuk bersaing dalam perlombaan. Dijelaskan, dalam penilaian lomba kategori seni, yang dinilai bukan hanya seberapa hafal dan sebagus apa gerakan yang ditampilkan.

Mimiki wajah dan pendalaman emosi di setiap gerakan juga menjadi poin penting. Menurutnya jika hanya menghafal, akan membuat gerakan kaku dan tidak memahami arti setiap gerakan.

Diungkapkan, ketika akan ikut lomba ini, a sempat tidak dibolehkan berangkat ke Bandung. Apalagi jadwal perkuliahan padat. Namun ia bisa memgatur waktu agar jadwal latihan dan kuliah bisa berimbang.

Atlet TS Sabuk Kuning Melati menjelaskan jika  ia telah mengikuti TS sejak belia. Yaitu sejak SD sampai kuliah. Menurutnya, aktif di TS mampu meredakan stress dan hiruk pikuk perkuliahan yang padat. Mahasiswa asal Lamongan ini berharap nantinya ia bisa menjadi atlet pencak silat yang terampil. 

“Saya berharap bisa menjadi atlet sebenarnya dan mencetak kemenangan demi kemanangan di level nasional bahkan internasional. Hal ini juga menjadi bukti bahwa saya bisa menggapai apa yang saya cita-citakan,” ujar Yulia. Sylvianita Widyawati

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved