Tunjungan Plaza Surabaya Kebakaran

Asal Mula Api Penyebab Kebakaran Tunjungan Plaza 5 Bukan Dari Resto, Tim Labfor Sebut Plafon Bioskop

Asal mula api dalam kebakaran Tunjungan Plaza  Surabaya dipastikan dari bagian plafon sisi luar area atau teras, ruangan bioskop di lantai 10.

Editor: Dyan Rekohadi
TribunJatim/Luhur Pambudi
Kondisi di di salah satu lantai Tunjungan Plaza 5 yang terbakar dan Kepala Bidang Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim Kombes Pol Sodiq Pratomo 

Penulis : Luhur Pambudi

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Lokasi awal kemunculan api penyebab kebakaran Gedung Tunjungan Plaza 5 Surabaya, pada Rabu (14/4/2022) diungkap Tim Labfor.

Asal mula api dalam kebakaran Tunjungan Plaza  Surabaya dipastikan dari bagian plafon sisi luar area atau teras, ruangan bioskop di lantai 10.

Namun, Tim Labfor belum dapat memastikan, benda semacam apa yang menjadi pemicu nyala api sebelum membakar beberapa fasad gedung, yang berada di area langit-langit tersebut. 

Saat ini proses uji laboratorium masih dilakukan terhadap tiga barang bukti dari TKP, seperti abu sisa pembakaran, seutas kabel, hingga bekas lampu. 

Kepala Bidang Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim, Kombes Pol Sodiq Pratomo memperkirakan, proses pengujian secara laboratoris tersebut diperkirakan memakan waktu sekitar empat hari. 

Dari hasil laboratorium tersebut, ia dapat menyimpulkan penyebab pasti pemicu kemunculan api pertama kali hingga akhirnya membesar dan melumat sejumlah bagian fasad gedung. 

"Makanya kami belum bisa, kami cek lab dulu. Karena orang lab kita harus buktikan secara laboratoris dulu," katanya saat ditemui di depan Gedung Labfor Mapolda Jatim, Kamis (14/4/2022). 

Di singgung mengenai dugaan kuat pemicu api. Sodiq enggan berspekulasi macam-macam, sebelum proses laboratorium yang dilakukannya membuahkan hasil. 

Namun demikian ada dugaan awal faktor elektrik sebagai pemicu kebakaran.

Dugaan awal itu berdasarkan pengamatannya bersama tim berjumlah tujuh orang selama kurun waktu tujuh jam sejak pukul 08.00 hingga 15.00 WIB itu,

Unsur elektrik sebagai pemicu awal kemunculan api menjadi temuan bermuatan informasi paling logis dan mendasar, atas proses investigasi penyebab kebakaran gedung yang masih memasuki tahap awal ini. 

Kedati demikian, Sodiq menegaskan, temuan awal tersebut, masih harus disinkronisasikan dengan sejumlah alat bukti pendukung yang bertautan, seperti temuan barang bukti, keterangan saksi, dan gambar gedung teknis dari TP tersebut. 

"Kalau memeriksa itu, penyebab kebakaran bisa dari alam, elektrik, mekanik, kimia, biologi. Kita sisir itu. Ternyata kalau alam, jelas tidak ada, karena tidak ada petir dan lain-lain. Kimia, tidak ada. Biologi, gak ada. Mekanik, kayaknya gak ada," jelasnya. 

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved