Berita Batu Hari Ini

Berpisah dengan DPMTPSP , Disnaker Kota Batu Jadi Kedinasaan Mandiri

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menunjuk Erwan Puja Fiatno sebagai Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Batu.

Penulis: Benni Indo | Editor: Rahadian Bagus
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko melantik 38 pejabat di Graha Pancasila, Balaikota Among Tani, Kota Batu, Selasa (17/5/2022). 

SURYAMALANG.COM|BATU - Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menunjuk Erwan Puja Fiatno sebagai Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Batu.

Erwan akan menjadi kepala dinas baru karena Dinas Ketenagakerjaan baru saja berpisah dengan Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu.

Sebelumnya, Erwan menjabat sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Setelah menunjuk Erwan sebagai kepala dinas, Eugerico Da Cruz Barreto ditunjuk sebagai sekretarisnya.

Eugerico semula menjabat Kabid Pembinaan dan Perlindungan Arsip Disperpusip Kota Batu.

Dewanti mengatakan, ada dua bidang di Disnaker, yakni Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja serta Bidang Hubungan Industrial.

Serta dua sub bagian, yaitu Sub Bagian Perencanaan dan Pelaporan serta Sub Bagian Keuangan, Umum dan Kepegawaian.

"Ini bukan hanya di Kota Batu, tapi seluruh daerah di Indonesia karena Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu tidak dirumpunkan dengan urusan pemerintahan lainnya,” imbuh dia.

Pelantikan sejumlah pejabat di Disnaker Kota Batu dilakukan bersamaan dengan mutasi 38 jabatan struktural di beberapa OPD di lingkungan Pemkot Batu. 

Dewanti mengatakan, dibentuknya Disnaker hasil pemecahan dari DPMPTSP-TK itu disertai pula dengan perombakan struktur organisasi dan tata kerja (SOTK). Yakni merevisi Perda nomor 5 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah pada awal tahun 2022.

Perubahan perda ini menyusul dengan terbitnya UU nomor 11 tahun 2020 tentang cipta kerja. Disertai pula aturan turunan dari UU itu, berupa PP nomor 6 tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha di daerah. Maka untuk mengoptimalkan PP itu diterbitkan pula Permendagri nomor 25 tahun 2021 tentang DPMPTSP.

Penyelarasan aturan itu berlaku secara nasional. DPMPTSP provinsi maupun kabupaten/kota disesuaikan dengan peraturan penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko.

Pejabat yang juga mengalami mutasi antara lain Sugeng Pramono menduduki jabatan baru sebagai Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Batu. M Agoes Machmoedi menjadi Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik. Mokhamad Forkan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah.

Di sisi lain, mutasi juga mengakibatkan empat kedinasan tidak memiliki kepala definitif. Keempatnya adalah Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana serta Sekwan.

"Saya mengucapkan selamat atas jabatan baru yang diamanahkan. Pastinya, kami sebagai baperjakat rapat sampai beberapa kali dengan situasi dan kondisi yang dinamis. Kami tidak hanya ingin menempatkan the right man in the right place saja, tapi juga sosok yang sesuai dengan kondisi. Kondisi yang baik adalah keharusan. Dengan kondisi yang kondusif, semua pejabat bisa melakukan tugasnya dengan baik," kata Dewanti. 

Dengan adanya kursi jabatan yang belum definitif, Dewanti mendorong agar para ASN bisa mengikuti seleksi yang saat ini sedang disusun oleh Pemkot Batu. Melalui seleksi terbuka tersebut, Pemkot Batu akan menentukan pejabat baru.

"Saya yakin para ASN Pemkot Batu sangat punya potensi dan kesempatan ikut seleksi terbuka. Seleksi terbuka saya pastikan dijalankan seobyektif mungkin dengan proses yang sesuai dengan ketentuan," terang Dewanti.

Dewanti mengatakan, maksimal akhir Juni nanti para pejabat definitif akan dilantik. Oleh sebab itu, panitia seleksi akan bekerja semaksimal mungkin untuk menyelesaikan tahapan seleksi.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved