Berita Malang Hari Ini

Kronologi Penyelamatan Pemuda Asal Malang yang Hilang di Kawasan Gunung Bromo

Balai Besar TNBTS merilis kronologi pencarian Roni Nur Efendi (20) pemuda asal Kabupaten Malang yang hilang di kawasan Bromo

Roni Nur Effendi (kiri) remaja 20 tahun asal Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang yang sempat dikabarkan hilang di Bromo kini telah ditemukan. 

SURYAMALANG.COM|MALANG  - Kronologi ditemukannya Roni Nur Efendi (20) , pemuda asal Desa Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang yang hilang di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) sejak Minggu (19/6/2022) dilaporkan pihak Balai Besar TNBTS.

Roni Nur Efendi ditemukan , Selasa (21/6/2022) melalui proses operasi pencarian dan penyelamatan atau Operasi SAR.

Pihak Balai Besar TNBTS menyatakan penyintas atas nama Roni Nur Efendi  yang hilang sejak Minggu (19/6/2022) ditemukan di hari Selasa (21/6/2022) pada pukul 11.30 WIB.

Roni ditemukan di lembah Gunung Emprit, Blok Pusung Duwur yang lokasinya di kisaran radius 200 meter dari lokasi penemuan barang pribadinya.

Berdasarkan kronologi penemuan Roni Nur Efendi yang dinyatakan hilang selama dua hari menurut laporkan Balai Besar TNBTS, terungkap jika tim SAR Gabungan  dibentuk dan melakukan pencarian mulai Senin (20/6/2022).

Operasi pencarian Roni dilakukan berdasarkan laporan pihak keluarga yang secara resmi melapor ke kantor Resort BB TNBTS pada hari Minggu (19/6/2022) sore sekitar pukul 16.43 WIB.

Sebelumnya, di hari Minggu siang sekitar pukul 12.38 WIB petugas resort PTN Wilayah Gunung Penanjakan menemukan sepeda motor Suzuki Satria warna hitam bernopol N 5851ECZ yang merupakan motor Roni Nur.

Saat petugas memeriksa sekitar lokasi penemuan motor didapati beberapa barang pribadi  mulai dari HP, topi, sepasang sepatu, jaket hodie dan helm milik penyintas.

Petugas sempat menunggu hingga 4 jam, berharap pemilik barang kembali ke lokasi itu, tapi nyatanya Roni tidak kembali di tempat motornya itu.

Petugas dan warga sempat melakukan pencarian dengan menyusuri sekitar lokasi penemuan motor untuk menindaklanjuti laporan pihak keluarga.

Tapi proses pencarian awal yang dilakukan hingga pukul 19.1 WIB tak membuahkan hasil.

Pada hari Senin (20/6/2022) dibentuk tim SAR Gabungan dengan jumlah personel 50 orang yang terdiri dari unsur TNBTS, TNI Polri, Basarnas, BPBD dan  Mitra potensi SAR dan melakukan pencarian di sekitar lokasi temuan awal barang penyintas.

Upaya pencarian yang dilakukan Tim SAR Gabungan akhinya membuahkan hasil dengan ditemukannya Roni Nur Efendi dalam kondisi selamat pada Selasa siang.

Setelah dievakuasi dan menjalani pemulihan, penyintas Roni Nur Efendi berikut barang-barang miliknya yang ditemukan sebelumnya diserahkan pada pihak keluarga.

Operasi SAR Gabungan pencarian Roni pun resmi dinyatakan ditutup.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved