Berita Batu Hari Ini

Pemkot Batu Rencanakan Anggaran Rp 7,4 Miliar untuk Atasi PMK

Pemerintah Kota Batu mengusulkan anggaran senilai Rp 7,4 miliar untuk penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Penulis: Benni Indo | Editor: Zainuddin
DISKOMINFO BATU
Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menyerahkan hewan kurban berupa sapi saat Idul Adha. Banyak sapi, terutama sapi perah terjangkit PMK di Kota Batu.  

SURYAMALANG.COM, BATU – Pemerintah Kota Batu mengusulkan anggaran senilai Rp 7,4 miliar untuk penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hal tersebut disampaikan Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso setelah mengikuti rapat koordinasi dengan Menteri Koordinator Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, Kamis (15/7/2022) malam.

Dijelaskan Punjul, ketersediaan obat hanya mencukupi untuk beberapa hari ke depan.

Sehingga perlu dilakukan upaya untuk memenuhi kebutuhan melalui mekanisme pergeseran anggaran, baik pergeseran anggaran BTT (Belanja Tak Terduga) maupun PAK tahun 2022.

“Sampai saat ini proses pengajuan anggaran masih dalam proses menunggu hasil pertimbangan dari Inspektorat dengan total pengajuan sekitar Rp 7,4 Miliar,” paparnya, Jumat (15/7/2022).

Dikatakan Punjul, Pemkot Batu telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah dan menangani kasus PMK di Kota Batu.

Di antaranya melakukan pembatasan lalu lintas ternak, pendirian posko penanganan PMK, pendirian pos pantau lalu lintas ternak di empat titik pintu masuk Kota Batu.

"Kami juga melakukan komunikasi, informasi dan edukasi terkait PMK kepada peternak, pelaku usaha dan masyarakat dengan melibatkan Perguruan Tinggi, BBPP Songgoriti dan PDHI. Serta melakukan pengobatan dan penanganan terhadap hewan yang sakit dengan melibatkan FKH UB dan PDHI," bebernya.

Selain itu juga melakukan sanitasi kandang dan lingkungan kandang dengan melibatkan masyarakat.

Pemkot Batu melakukan vaksinasi pada sapi yang sehat sejak 25 Juni 2022 sampai dengan 7 Juli 2022.

Halaman
123
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved