Berita Malang Hari Ini

Perkuliahan UM Luring Dimulai 29 Agustus 2022, Ada Prodi Baru Ilmu Komunikasi di FIS

Perkuliahan semester depan untuk jenjang D4-S1 di Universitas Negeri Malang (UM) akan dilakukan secara luring mulai 29 Agustus 2022.

suryamalang/sylvi
Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) membuka prodi baru Ilmu Komunikasi yang menyaring mahasiswa baru lewat jalur mandiri portofolio. Foto gedung FIS diambil Jumat (5/8/2022). 

SURYAMALANG.COM|MALANG-Perkuliahan semester depan untuk jenjang D4-S1 di Universitas Negeri Malang (UM) akan dilakukan secara luring mulai 29 Agustus 2022.

Sebelum itu, Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) juga diadakan luring mulai 17 Agustus 2022. 

"Sudah kami keluarkan regulasinya. Biar kampus kembali ramai lagi," jelas Prof Dr Budi Eko Soetjipto MEd MSi pada suryamalang.com, Jumat (5/8/2022) saat bertemu di Graha Cakrawala.

Untuk kesiapan perkuliahan luring, UM sudah siap. Menurut Budi, meski luring, ada porsi sedikit daring. 

"Tergantung pada perkuliahannya. Apa praktikum atau kuliah konsep. Kalau ujian ya harus luring," kata dia.

Sedang perkuliahan hibrid dimungkinkan bagi mahasiswa pascasarjana. Sebab banyak juga yang berasal dari luar Jawa, seperti Kalimantan.

Pada tahun ini, UM menerima sekitar 8000 mahasiswa. Saat ini sedang dievaluasi jakur mandiri portofolio dimana ada prodi baru Ilmu Komunikasi (Ilkom) yang ada di Fakultas Ilmu Sosial (FIS).

"Luar biasa animo pendaftar di Ilkom yang menerima tiga kelas. Per kelas ada 45 orang atau 135 maba," jawabnya.

Terpisah, Dekan FIS UM Prof Dr Sumarmi MPd menyatakan Prodi Ilkom S1 di FIS sudah direncanakan sejak tiga tahun lalu.

"Karena waktu itu UM masih PT BLU, pendirian prodi baru itu sangat  tergantung pada kebijakan pusat. Sebab waktu itu yang diutamakan adalah prodi-prodi eksak," jawabnya.

Namun berjalannya waktu, UM jadi PTNBH dimana ada kewenangan bisa membuka prodi sendiri. Setelah ada pembahasan di senat dan disetujui, maka dibuka prodi ini. Angkatan pertama dimulai lewat seleksi mandiri jalur portofolio. Tentang kekhasan Ilkom di UM, ada kecondongan pada latar belakang pendidikan.


"Dosen-dosennya sudah siap tiga tahun lalu. Latar belakang sudah sesuai dan mereka dari lulusan UI dan UGM," kata Sumarmi. Karena saat perekrutan belum ada prodinya, maka mereka mengajar dulu di prodi lain di FIS
Ia mengatakan peminatnya cukup banyak dari pantauan saat pendaftaran. Untuk akreditasi prodi ini baik karena baru dibuka. Selain itu, FIS juga menaikkan sedikit Prodi Geografi

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved