Berita Malang Hari Ini

Buah Salak Melimpah, Tim Dosen UB Hibahkan Vacum Frying Buat Bikin Keripik

Sejumlah dosen Universitas Brawijaya (UB) melakukan pendampingan pada masyarakat Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

suryamalang/sylvi
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Strategis (PKMS) dari FEB UB membantu pemulihan perekonomian warga atau petani salak dengan membantu meningkatkan penjualan buah salak segar dan memperluas jangkauan pasarnya dengan mengolah salak menjadi keripik buah. 

SURYAMALANG.COM|MALANG-Sejumlah dosen Universitas Brawijaya (UB) melakukan pendampingan pada masyarakat Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.

Mereka adalah Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Strategis (PKMS) dari FEB yang di ketuai Dr Wuryan Andayani SE Ak MSi CSRS CSRA.

Kegiatan itu dilakukan mulai Juli hingga Oktober 2022. Untuk pemulihan perekonomian warga atau petani salak yaitu dengan memanfaatkan potensi pertanian yang melimpah berupa buah salak segar.

Tim akan membantu meningkatkan penjualan buah salak segar agar bisa memperluas jangkauan pasarnya dengan mengolah salak menjadi keripik buah.

Sehingga daya tahan produknya lebih lama dan memiliki nilai ekonomis lebih tinggi dibanding menjual buah segar.

Karena itu tim memberi hibah alat vacum frying untuk pembuatan keripik salak untuk mendukung proses produksi.

“Harapannya bisa menjadi stimulus masyarakat untuk berani mencoba menghasilkan produk baru berupa keripik salak sebagai produk unggulan daerah,” kata Wuryan.

Program pengabdian ini juga berkolaborasi dengan salah satu lembaga zakat di Malang sebagai pihak ketiga.

Tujuannya untuk melanjutkan pengawasan aktivitas masyarakat kelompok petani salak.

Lembaga ini berperan mendampingi saat program berjalan dan pasca program dari TIM PMS UB telah usai nantinya. 

Tim beranggotan Wike Agustin Prima Dania, STP MEng PhD sebagai pakar dalam pengolahan industri pangan dari FTP. Kemudian Ir Dr Eng Tri Budi Prayogo ST MT serta Ir Endra Yuafanedi Arifianto ST MT dari Fakultas Teknik UB.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved