Berita Malang Hari Ini

Mahasiswa Fakultas Teknik Unisma Raih Medali Emas dan Perak di Kompetisi UTHM

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Malang (Unisma) meraih medali emas dan perak di ajang National Innovation and Invention Competition (NIICe

suryamalang/sylvi
Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Malang (Unisma) meraih medali emas dan perak di ajang National Innovation and Invention Competition (NIICe) yang diadakan oleh Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) baru-baru ini. Medali emas diraih oleh mahasiswa Teknik Elektro Fajar Ariadi. 

SURYAMALANG.COM|MALANG-Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Malang (Unisma) meraih medali emas dan perak di ajang National Innovation and Invention Competition (NIICe) yang diadakan oleh Universitas Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) baru-baru ini.

Medali emas diraih oleh mahasiswa Teknik Elektro Fajar Ariadi. 

Sedang medali perak diraih oleh tim mahasiswa Teknik Mesin yaitu Eka Ristiana Firdaus, Linda Silvia, Moh Hidayatur Rohman, M Nur Khalim. Kegiatan lomba diadakan secara daring.

"Kompetisi ini untuk perguruan tinggi mitra kerjasama UTHM untuk kategori antar bangsa," jelas Efendi S Wirateruma ST MSc, dosen pembimbing dari Fajar Ariadi pada wartawan, Selasa (23/8/2022).

Dosen pembimbing Fajar yang lain adalah  Bambang Minto B ST MT. Ada dua jenis lomba yaitu penulisan artikel ilmiah dan poster. Karena waktunya terbatas, dari Unisma mengikuti lomba poster.

Poster karya Fajar Ariadi mengangkat judul "Digital Image Processing for Morphometric Measurement on Android Based Local Beef Cattle".

Ini ternyata diambil dari penelitian skripsinya berupa aplikasi pengolahan citra yang membantu persoalan di Kementan lewat kegiatan MBKM.

Harga sapi didominasi bandar/blantik. Aplikasi ini untuk menguatkan opini penjual soal harga sapi potong.

Sebagai samplingnya adalah pasar sapi potong di Grati, Kabupaten Pasuruan. 

Untuk aplikasi ini masih menggunakan dua variabel yaitu lingkar dada sapi dan panjang badan untuk rumusan bobot sapi.

"Tapi jenis sapi banyak. Jadi tidak bisa dipukul rata pakai ini," kata Fajar yang menyatakan aplikasinya masih tahap ujicoba.

Dalam poster yang dimenangkannya berisi tulisan metode penelitian, sistem output yang bisa dipakai dan kemanfaatannya untuk masyarakat.

Sedang tim mahasiswa Teknik Mesin dibimbing oleh dosen Akhmad Faruq Alhikami ST MT dan Dr Erna Marlina ST MT.

Judul posternya adalah "A Study on the Turpetine Oil Addition on the Droplet Combustion Characteristics of the Crude Sun Flower Oil as Biodisel".

Wakil Dekan 3 Fakultas Teknik Unisma  Ir Hj Unung Lesmanah MT merasa bangga dengan prestasi mahasiswa FT. 

Ia menyatakan tim peraih medali perak tidak bisa bertemu wartawan karena sedang bekerja. "Mahasiswa kami belum lulus tapi sudah bekerja," jelas Unung.

Sedang Wakil Rektor III Dr Badat Muwakhid Unisma berharap kiprah mahasiswa FT bisa memicu prestasi mahasiswa lainnya.

"Kita mengarah ke internasionalisasi. Jadi semua apsek diarahkan kesana," kata Badat.

Namun prestasi mahasiswa baik nasional atau internasional diapresiasi kampus. Sehingga prestasi mahasiswa ini bisa memicu mahasiswa lainnya untuk berprestasi.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved