Berita Jawa Timur Hari Ini

Pertamina Jamin Stok BBM dan LPG di Jatim Aman Hingga 40 Hari ke Depan

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga JatimBaliNus Deny Djukardi menegaskan stok BBM maupun LPG 3 kg di seluruh wilayah Jawa Timur aman

surya.co.id/ima
Executive General Manager Pertamina Patra Niaga JatimBaliNus Deny Djukardi saat memberikan pernyataan pada wartawan usai Rakor pengamanan stok BBM dan LPG 3 Kilogram bersama Forkopimda Jatim dan Pertamina yang digelar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Kamis (1/9/2022) sore. Fz.surya 

SURYA.CO.ID|SURABAYA - Executive General Manager Pertamina Patra Niaga JatimBaliNus Deny Djukardi menegaskan bahwa stok BBM maupun LPG 3 kg di seluruh wilayah Jawa Timur saat ini dalam kondisi aman.

Bahkan, Deny menyebut bahwa stok BBM maupun LPG 3kg di Jawa Timur stoknya masih tersedia hingga 40 hari ke depan. Sehingga ia mengimbau agar masyarakat tak galau ataupun melakukan rush buying.

Hal itu disampaikan Deny saat hadir dalam rakor pengamanan stok BBM dan LPG 3 Kilogram bersama Forkopimda Jatim dan Pertamina yang digelar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Kamis (1/9/2022) sore. 

“Stok BBM di Jatim dalam poisisi cukup. Bahkan stoknya ada sampai 10, 30, hingga 40 hari ke depan. Artinya misalnya ada gangguan kita masih bisa bertahan hingga 30 hari ke depan. Terkait stok ini Kami selalu koordinasi dengan wilayah atau pusat,” tutur Deny pada media usai rakor. 

Lebih lanjut Deny menegaskan bahwa pihaknya berharap masyarakat tidak melakukan pembelian BBM secara berlebihan. Yang jika dilakukan justru akan menimbulkan gangguang suplai, distribusi dan juga pengiriman. 

“Tapi Kami di beberapa pengalaman jika ada rush buying kami punya sudah punya sistem digital dashboard yang bisa melihat stok di masing-masing wilayah, ketahanan waktu. Jika ada yang sudah mepet stoknya mana fuel terminal terdekat akan langsung mengirim,” tegasnya.

Di SPBU, Pertamina jika akan melakukan pengawasan. Agar jangan sampai ada penyalahgunaan dari spekulan. 

“Namun kita pastikan bahwa stok aman, penyaluran BBM dan LPG di Jatim aman,” pungkasnya.

Di sisi lain, sebagaimana diberitakan sebelumnya, di rakor ini, Gubernur Khofifah Indar Parawansa menekankan bahwa yang juga harus dipastikan aman adalah BBM untuk alat dan mesin pertanian (alsintan) dan juga kapal untuk nelayan. Ia mewanti jangan sampai kenaikan BBM berdampak pada produksi pertanian maupun perikanan. 

“Saya kemarin sampai jam satu dini hari melakukan rakor untuk merumuskan langkah antisipasi secara komprehensif. Pertamina juga memastikan bahwa stok aman. Ibu-ibu juga tenang bahwa LPG stoknya aman distribusinya juga aman,” tegas Khofifah, saat wawancara usai rakor.

Ditegaskannya, stok yang harus dipastikan aman bukan hanya pertlite, LPG, tapi juga adalah solar yang digunakan untuk nelayan. Serta untuk alat dan mesin pertanian. 

“BBM untuk alsintan jangan sampai tidak ada. Juga BBM untuk nelayan. Karena kita sedang berada pada posisi mengantisipasi krisis pangan dunia sehingga ini harus jadi bagian kewaspadaan kita bersama. Meski produksi padi kita tertinggi selama dua tahun berturut-turut, hal ini harus tetap kita jaga,” tegasnya.

Ia meminta kepala daerah di Jatim untuk turut mengawal agar petani dan nelayan tidak sampai kekurangan atau mengalami kelangkaan sehingga tidak bisa bekerja. 

Sebab jika sampai itu terjadi bisa menyebabkan dampak yang berkesinambungan baik untuk produksi sektor perikanan, pertanian hingga berpengaruh ke nilai tukar nelayan dan petani. 

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved