Berita Malang Hari Ini

Dukung Pengurangan Sampah Plastik, PT Amerta Indah Otsuka Luncurkan Program Blue Planet

PT Amerta Indah Otsuka meluncurkan program edukasi kepada masyarakat dalam mengelola sampah

suryamalang.com/rifky
Konferensi pers yang dilakukan PT Amerta Indah Otsuka bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia melalui daring pada Selasa (27/9/2022). 

SURYAMALANG.COM | MALANG - Sampah plastik, kini menjadi momok yang menghantui masyarakat di era saat ini. 

Hal ini menjadi perhatian PT Amerta Indah Otsuka, selaku produsen minuman dalam kemasan.

Dalam upaya mengurangi sampah plastik, PT Amerta Indah Otsuka meluncurkan program edukasi kepada masyarakat dalam mengelola sampah.

Bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, program tersebut dinamakan Otsuka Blue Planet.

"Program ini suatu komitmen untuk memberikan edukasi demi meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan," ucap Laibun Sobri selaku Corporate Communication Manager PT Amerta Indah Otsuka.

Dia mengatakan, melalui program tersebut diharapkan dapat mengedukasi masyarakat agar mampu mengelola sampah dengan baik dan mandiri.

Sebab, saat ini banyak ditemui penumpukan sampah di pembuangan akhir.

Hal ini disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam memilah sampah yang dapat didaur ulang.

Alasan tersebut yang mendorong Otsuka membuat sebuah program edukasi yang bertujuan untuk membantu mengubah perilaku masyarakat agar dapat mengelola sampah secara mandiri.

"Program ini bertujuan untuk mengurangi sampah, dengan berfokus pada tiga aktivitas utama yaitu Otsuka Eco Village, Otsuka Blue School dan Otsuka Eco Bottle," ujarnya.

Untuk mendukung pengurangan sampah plastik ini, PT Amerta Indah Otsuka telah membuat Otsuka Eco Bottle.

Yakni berupa kemasan botol plastik dengan bahan material daur ulang dengan komposisi 30 persen.

Dia menargetkan, pada 2030 mendatang, kemasan botol plastik yang diproduksi Otsuka komposisinya 100 persen dari bahan daur ulang.

"Melalui program ini kami berharap dapat membantu mengubah perilaku masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan memulai mengelola sampah dan membuang sampah pada tempatnya," terangnya.

Sementara itu, Ade Palguna, Kepala Badan Penyuluhan & Pengembangan SDM KLHK RI menyampaikan, dalam mengurangi sampah plastik ini perlu adanya peran serta berbagai pihak.

Mulai dari pemerintah, masyarakat, hingga pihak-pihak swasta.

“Kami menyadari bahwa untuk mengurangi sampah plastik sangat dipengaruhi oleh upaya dan kontribusi positif dari masyarakat serta sektor lainnya seperti pihak swasta, sehingga kami sangat mengapresiasi program yang dilakukan oleh Otsuka ini," tandasnya.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved