Survei The Republic Institute, Elektabilitas Ganjar Pranowo Tertinggi di Wilayah Jawa

persaingan elektabilitas Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan nampaknya masih cukup kuat di papan atas bursa capres.

surya.co.id/Yusron Naufal Putra
Peneliti Utama The Republic Institute Dr. Sufyanto dalam paparan secara daring, Selasa (4/10/2022). 

SURYAMALANG.COM|SURABAYA - Sekitar setahun jelang pendaftaran Pilpres 2024, persaingan elektabilitas Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan nampaknya masih cukup kuat di papan atas bursa capres.

Ketiganya bersaing ketat di bursa tokoh yang punya peluang running ke Pilpres. 

Setidaknya ini tergambar dalam hasil survei terbaru yang dilakukan lembaga The Republic Institute bertajuk Aspirasi dan Peta Elektabilitas Partai Politik serta Capres-Cawapres di Enam Provinsi di Pulau Jawa. 


Survei ini dilakukan dengan melibatkan 1200 responden tersebar di 6 Provinsi di Pulau Jawa. Adapun teknik pengambilan sampel adalah multistage random sampling serta margin of error sebesar 2,8 persen. 


Berdasarkan survei itu, jika Pilpres digelar saat survei dilakukan secara berurutan tingkat elektabilitas ketiga tokoh itu adalah Ganjar 24,7 persen, Prabowo 19,6 persen dan Anies Baswedan 16,9 persen. 


"Ganjar sangat mendominasi dari sisi elektabilitas," kata peneliti utama The Republic Institute Dr. Sufyanto dalam paparan secara daring, Selasa (4/10/2022). 


Tingginya elektabilitas politisi PDI Perjuangan itu disebutnya juga lantaran Ganjar diidentifikasi oleh masyarakat Jawa sebagai sosok yang memiliki kepribadian dan jiwa kepemimpinan seperti Presiden Jokowi. Utamanya, dari kawasan Jawa Timur serta Jawa Tengah. 


Selain itu, alasan lain tingginya elektabilitas Ganjar juga karena sering muncul di media sosial. Selama ini, Ganjar yang merupakan Gubernur Jateng itu  kerap memanfaatkan sosmed baik saat kunjungan maupun penyelesaian masalah lapangan. 


"Tingginya suara Ganjar juga disebabkan karena penampilannya yang dianggap low profile merakyat," jelas Sufyanto saat memaparkan hasil temuannya. 


Sementara terkait Prabowo, Sufyanto menyatakan elektabilitasnya memang berada diurutan kedua setelah Ganjar. Berdasarkan temuan surveinya itu, menujukkan Prabowo perlu semakin meningkatkan kinerja utamanya gebrakan kebijakan di masyarakat. 


Lebih lanjut, terkait elektabilitas Anies Baswedan yang tergolong tinggi lantaran posisinya sebagai Gubernur DKI Jakarta yang merupakan ibu kota negara. Disamping, diidentikkan sebagai pemimpin cerdas serta dianggap berhasil. 


"Sebagai calon presiden yang belum memiliki basis pemilih partai politik saat penelitian ini dilakukan tentu Anies adalah calon presiden yang fenomenal karena seiring dicalonkan oleh parpol," ungkap mantan Ketua Bawaslu Jatim itu. 

 

(surya.co.id/Yusron Naufal Putra)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved