TRAGEDI AREMA VS PERSEBAYA

Seusai Ketemu Presiden FIFA, Jokowi Beberkan Rencana Merobohkan Stadion Kanjuruhan dan Dibangun Lagi

Seusai Ketemu Presiden FIFA, Jokowi Beberkan Rencana Merobohkan Stadion Kanjuruhan dan Dibangun Lagi

Editor: Eko Darmoko
dok. Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi saat memberikan keterangan pers bersama Presiden FIFA Gianni Infantino di Istana Merdeka, Selasa (18/10/2022). 

SURYAMALANG.COM - Pasca tragedi yang menewaskan ratusan korban jiwa, kandang Arema FC, Stadion Kanjuruhan akan dirobohkan.

Hal ini diungkapkan oleh Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi.

Setelah dirobohkan, stadion tersebut akan dibangun kembali agar sesuai dengan standar FIFA.

Jokowi mengatakan, rencana tersebut juga disampaikannya kepada Presiden FIFA Gianni Infantino.

Menurut Jokowi, Gianni Infantino mengapresiasi ide tersebut.

"Tadi saya juga menyampaikan dan FIFA mengapresiasi, untuk Stadion Kanjuruhan di Malang, juga akan kita runtuhkan dan kita bangun lagi sesuai dengan standar FIFA," kata Jokowi usai bertemu Gianni Infantino di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (18/10/2022), dikutip SURYAMALANG.COM dari Kompas.com.

Baca juga: Pertemuan Presiden Jokowi dengan Presiden FIFA Membahas Tragedi Stadion Kanjuruhan

Baca juga: Iwan Bule dan Iwan Budianto Batal Diperiksa Polisi Soal Tragedi Kanjuruhan, Ada Agenda dengan FIFA

Jokowi berharap, setelah dibangun kembali, Stadion Kanjuruhan dapat menjadi contoh bagi stadion-stadion lain untuk memiliki fasilitas yang menjamin keselamatan penonton maupun pemain.

"Sebagai sebuah contoh standar stadion dengan fasilitas-fasilitas yang baik, menjamin keselamatan penonton maupun pemain dan juga untuk suporter," ujar Jokowi.

Tim Mabes Polri saat melakukan Identifikasi dan olah tempat kejadian perkara (TKP) di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (13/10/2022). Olah TKP ini dilakukan untuk mencari penyebab pasti tragedi yang membuat 132 orang kehilangan nyawa.
Tim Mabes Polri saat melakukan Identifikasi dan olah tempat kejadian perkara (TKP) di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Kamis (13/10/2022). Olah TKP ini dilakukan untuk mencari penyebab pasti tragedi yang membuat 132 orang kehilangan nyawa. (SURYAMALANG.COM/Purwanto)

Mantan Wali Kota Solo ini mengungkapkan, dalam pertemuannya dengan Infantino, pemerintah dan FIFA memang sepakat melakukan transformasi sepak bola secara menyeluruh.

Salah satunya adalah dengan memastikan aspek pertandingan berjalan sesuai dengan standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA agar menjamin keamanan dan keselamatan pemain maupun penonton.

"Untuk itu, kita sepakat mengkaji kembali kelaikan stadion dan juga menerapkan teknologi untuk membantu mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain," kata Jokowi.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Stadion Kanjuruhan akan desain dan diubah total.

Keputusan tersebut merupakan tindak lanjut setelah dilakukan audit teknis stadion yang berada di Kabupaten Malang itu pada 13 Oktober 2022.

Dari audit tersebut, Basuki mengeluarkan tujuh poin rekomendasi.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved