Breaking News:

Berita Sidoarjo Hari Ini

Dinas Kesehatan Sidoarjo Hentikan Pembangunan Puskesmas Selama 2023

Tahun ini Sidoarjo punya tiga puskesmas baru. Yakni Puskesmas Tarik 2, Puskesmas Tambakrejo Waru, dan Puskesmas Wonokasian.

Penulis: M Taufik | Editor: Yuli A
google
Tahun ini Sidoarjo punya tiga puskesmas baru. Yakni Puskesmas Tarik 2, Puskesmas Tambakrejo Waru, dan Puskesmas Wonokasian yang siap dioperasikan awal tahun depan.  

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Pemkab Sidoarjo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) memutuskan untuk tidak membangun Puskesmas pada tahun 2023 besok. Padahal, pembangunan puskesmas setiap tahun sudah masuk dalam RPJMD Sidoarjo. 

Tahun ini Sidoarjo punya tiga puskesmas baru. Yakni Puskesmas Tarik 2, Puskesmas Tambakrejo Waru, dan Puskesmas Wonokasian yang siap dioperasikan awal tahun depan. 

Namun pada tahun 2023 besok, Pemkab Sidoarjo tidak menganggarkan pembangunan fisik puskesmas baru lagi. Alasannya agar fasilitas kesehatan yang sudah ada saat ini bisa dioptimalkan pengoperasian pelayanannya. Termasuk puskesmas dan RSUD Sidoarjo barat. 

Kepala Dinas Kesehatan Sidoarjo Feny Apridawati mengatakan, saat ini di Sidoarjo sudah ada 27 puskesmas yang telah beroperasi. Optimalisasi peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat menurutnya masih terus bakal ditingkatkan lagi.

"Termasuk tambahan tiga Puskesmas baru yang selesai dibangun dan mulai beroperasi awal tahun depan," ucap Feny.

"Ada lagi satu puskesmas di Urang Agung. Sekarang masih dalam proses pembangunan fisik. Semoga saja bisa segera selesai sehingga bisa memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kita," ujarnya. 

Keputusan tidak melakukan pembangunan puskesmas baru pada tahun 2023 besok mendapat sorotan dari DPRD Sidoarjo. Dewan berang karena jumlah puskesmas yang ada saat ini tidak sesuai dengan kebutuhan ideal puskesmas di Sidoarjo.

Anggota DPRD Sidoarjo Bangun Winarso menyebutkan, Sidoarjo membutuhkan sedikitnya 70 unit puskesmas agar bisa optimal dalam memberikan pelayanan masyarakat untuk seluruh Sidoarjo. 

“Angka itu merupakan hasil kajian beberapa waktu lalu sebelum dirumuskannya RPJMD Sidoarjo yang baru,” kata Bangun. 

Satu puskesmas itu, dalam kajian yang sempat dilakukan, maksimal melayani untuk 30 sampai 40 ribu jiwa saja. Sehingga kalau ditotal untuk kebutuhan se-Sidoarjo, harusnya ada 70 unit puskesmas.

Dalam RPJMD Sidoarjo 2021-2026 ada poin yang isinya untuk pemenuhan kebutuhan ideal puskesmas tersebut. Dalam pembahasannya, Bangun mengaku juga ada kesepakatan agar setiap tahun ada pembangunan.

"Tujuannya tentu untuk pemenuhan kebutuhan ideal puskesmas itu. Sayangnya dalam pembahasan APBD 2023, pemkab tidak mau menambah Puskesmas,” ujarnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved