Berita Malang Hari Ini

Harga Komoditas Bergejolak Selama November 2022, Ada Tempe dan Telur Ayam Ras

BPS Kota Malang merilis angka inflasi pada November 2022 mencapai 0,12 persen. Kenaikkan harga pada kelompok makanan dan minuman jadi penyumbang utama

suryamalang/sylvi
Proses pembuatan tempe oleh perajin tempe Sanan beberapa waktu lalu. Komoditas tempe memberi andil kenaikkan inflasi karena harganya disumbang kenaikkan harga kedelai yang mencapai lebih dari Rp 14.000 per kg.  

SURYAMALANG.COM|MALANG-Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Malang merilis angka inflasi pada November 2022 mencapai 0,12 persen.

Penyumbang utama inflasi karena ada kenaikkan harga pada kelompok makanan minuman, tembakau, pakaian dan alas kaki.

"Pada November 2022, ada beberapa komoditas yang mengalami gejolak," jelas Erny Fatma, Kepala BPS Kota Malang dalam rilis secara daring, Kamis (1/12/2022).

Dikatakan, karena selalu ada harga bergejolak, maka BPS melakukan survei harga komoditas secara mingguan di pasar dan swalayan sasaran survei.

Hal ini dilakukan karena harganya kerap fluktuatif. Harga bergolak pada November 2022 seperti harga tempe yang terdampak dari kenaikkan harga kedelai yang per kilogramnya naik mencapai Rp 14.000 lebih.

Begitu juga harga telur ayam yang naik dari semula Rp 24.000 menjadi Rp 26.000 per kg. Harga daging ayam ras juga naik.

Begitu juga harga tahu mentah karena dampak bahan utamanya, kedelai naik.

"Karena tahu banyak yang mengonsumsi, maka terjadi inflasi," tambahnya.

Harga daging sapi juga naik yang biasanya dikaitkan dengan kegiatan keagamaan. Harganya mencapai lebih dari Rp 143.000 per kg. 

Harga beras, gula pasir dan minyak goreng juga mengalami kenaikkan. Sedangkan yang menyumbang deflasi pada November 2022 adalah harga cabai rawit turun mencapai 29 persen.

Begitu juga bawang putih mengalami penurunan harga. Beberapa jenis buah juga turun harga, seperti jeruk, alpukat dan mangga.

Pada Desember 2022 ini, dari pantauan suryamalang.com di pasar dan swalayan yang mengalami kenaikkan adalah harga telur yang pernah mencapai Rp 30.000 per kg. Sebelumnya masih dikisaran Rp 25.000-Rp 26.000 per kg. Sedang harga di toko swalayan juga tak jauh beda di pasar.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved