Berita Kediri Hari Ini

Penyelundupan 3 HP dan Ribuan Pil Dobel L ke Lapas Kediri Terbongkar, Modus Sarung Baru Bersegel

Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kediri Kanwil Kemenkumham Jatim berhasil menggagalkan penyelundupan HP dan Pil dobel L, Kamis (8/12/2022).

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
Petugas operator mesin X Ray yang mendeteksi HP dan narkoba yang dimasukkan ke dalam sarung yang diselundupkan masuk ke Lapas Kelas IIA Kediri. 

SURYAMALANG.COM , KEDIRI - Percobaan penyelundupan HP dan pil dobel L kembali terjadi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kediri Kanwil Kemenkumham Jatim, Kamis (8/12/2022).

Tidak tanggung-tanggung, ada 3 HP berikut kelengkapan dna ribuan pil dobel L yang coba diselundupkan masuk Lapas Kediri dengan modus dimasukkan kemasan sarung baru.

Untuk mengelabui petugas, ada belasan kain sarung baru yang dititipkan masuk Lapas dengan kondisi kemasan yang masih tersegel rapi.

Tapi cara itu tak bisa mengelabui petugas.

Petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Kediri Kanwil Kemenkumham Jatim berhasil menggagalkan penyelundupan itu, Kamis (8/12/2022).

Masuknya barang terlarang ke dalam Lapas Kelas II A Kediri berhasil digagalkan karena terdeteksi petugas operator X Ray.

Oleh pelaku barang terlarang yang akan dimasukkan ke dalam Lapas  disimpan di dalam sarung kemasan yang bersegel.

HP dan pil dobel L juga dibungkus dengan kertas aluminium foil.

Terungkapnya kasus bermula saat petugas operator X Ray memeriksa barang titipan salah satu warga binaan.

Kemudian ditemukan visual mencurigakan yang diduga barang elektronik HP. 

Petugas operator X Ray bersama dengan petugas lainnya membuka bungkusan sarung yang masih dikemas rapi tersebut dan didapati sejumlah bungkusan lakban berwarna coklat. 

Kepala Lapas Kelas II A Kediri M Hanafi didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Kediri, Ario Galih kemudian membuka bungkusan ditemukan barang terlarang masuk lapas. 

Percobaan penyelundupan barang terlarang tersebut merupakan reaksi atau dampak peninggian tembok serta  kawat berduri yang sebelumnya telah dilakukan oleh Lapas Kediri.

"Di Lapas Kediri memang marak adanya lemparan barang terlarang kedalam Lapas yang dilempar melalui tembok luar Lapas. Langkah kami dari maraknya lemparan barang terlarang ke dalam Lapas melalui tembok kita melakukan peninggian kawat tembok keliling. Harapannya tidak ada lagi lemparan dari tembok luar Lapas yang dapat menimbulkan gangguan Kamtib," jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved