Berita Lumajang Hari Ini

Dari Sumenep ke Lumajang Curi Rp 263 Ribu dalam Kotak Amal Musala

Khairul (26) asal Sumenep, Madura tepergok curi uang dalam kotak amal di Kelurahan Kepuharjo, Lumajang. Ternyata, dia curi Rp 263 Ribu.

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: Yuli A
erwin wicaksono
Khairul (26) asal Sumenep, Madura tepergok curi uang dalam kotak amal di Kelurahan Kepuharjo, Lumajang. Ternyata, dia curi Rp 263 Ribu. 

SURYAMALANG.COM, LUMAJANG - Seorang pria bernama Khairul (26) kepergok warga Kelurahan Kepuharjo, Kecamatan/Kabupaten Lumajang diduga melakukan aksi pencurian kotak amal di Mushola Baitur Rahman, Rabu (18/1/2022). Aksi pelaku dipergoki oleh warga.

Kejadian bermula ketika saksi mata bernama Tuki yang tinggal tak tak jauh dari Mushola, melihat ada seorang pria memakai sarung berjalan dengan membawa kertas. Selayaknya seseorang yang hendak meminta sumbangan.   Pria tersebut kemudian berjalan menuju mushola.

"Awalnya warga bernama Tuki curiga dengan gerak-gerik penarik sumbangan yang masuk ke mushola. Akhirnya  Setelah itu, Tuki memanggil keponakannya. Kok dilihat uangnya habis," ujar Lurah Kepuharjo, Joko Setiyo ketika dikonfirmasi.

Mengantongi ciri-ciri terduga pelaku, Warga kemudian berniat mengejar pelaku. Akhirnya pria mencurigakan tersebut terpantau di Masjid Toga yang tak jauh dari lokasi kejadian.

"Warga kemudian membawa pelaku ke tempat semula dan mengintrogasinya. Tak lama kemudian pelaku mengakui perbuatannya. Pelaku ini mengaku berasal dari Sumenep, Madura," papar Lurah.

Usai diinterogasi, warga menggeledah tas milik terduga pelaku. Benar saja warga akhirnya menemukan

"Pelaku ketahuan di dalam tasnya membawa uang sebesar Rp 3 juta. Sedangkan yang diambil dari mushola sebesar Rp 263 ribu. Uang tersebut akhirnya dikembalikan. Di tas pelaku terdapat alat-alat seperti obeng dan palu cungkit," ungkapnya.

Selanjutnya warga melaporkan kejadian tersebut kepada petugas Polsek Lumajang Kota.

"Warga kemudian melaporkan ke polisi. Baru baru ini saja kelihatan (pelaku), sebelumnya tidak. Sebenarnya dengan adanya hal ini cukup meresahkan modus-modus penarik sumbangan. Kami informasikan agar seluruh tempat ibadah masjid meningkatkan kewaspadaan," jelas Joko.

Sementara itu, Kapolsek Lumajang Kota, Iptu Andhi Indra Septa menjelaskan jika pelaku sudah diamankan ke Mapolsek Lumajang Kota. Saat ini pelaku tengah menjalani proses hukum. Andhi mengatakan kasus pencurian uang kotak amal ini akan dilimpahkan ke Satreskrim Polres Lumajang.

Selain pelaku, polisi mengakankan barang bukti uang, kotak amal dan alat-alat yang dimiliki pelaku.

"Pelaku sudah diamankan dan kasusnya kami limpahkan ke Polres Lumajang untuk proses lebih lanjut," sebut Kapolsek.

Polisi saat ini masih mendalami aksi modus pencurian dengan berlagak mencari sumbangan yang berhubungan dengan pelaku. Kuat dugaan jika pelaku melakukan aksi ini secara berkelompok dan menyebar ke beberapa tempat di Lumajang Kota.

"Terkait engembangan kasusnya akan dilakukan Polres," jelas Andhi.

Di sisi lain, terduga pelaku Khairul hanya bisa tertunduk lesu ketika digelandang ke kantor polisi. Ia mengaku baru saja tiba di Lumajang 5 hari lalu dari Sumenep Madura.

"Saya bersama 5 orang teman saya datang ke Lumajang dari Madura naik bus," kata Khairul.

Pelaku mengaku jika aksi modus mencari sumbangan tersebut akan diberikan kepada sebuah pondok pesantren. Terkait aksinya yang menyasar kotak amal masjid, Khairul hanya bisa diam dan menjelaskan motifnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved