Universitas Tribhuana Tunggadewi

Fakultas Teknik Universitas Tribhuana Tunggadewi Adakan Seminar Nasional Kuatkan Green Technology

Fakultas Teknik Universitas Tribhuana Tunggadewi (Unitri) menggelar seminar dalam rangka mendorong terwujudnya green technology.

Fakultas Teknik Universitas Tribhuana Tunggadewi Adakan Seminar Nasional Kuatkan Green Technology
Mahasiswa dari Fakultas Teknik Unitri sedang melakukan praktik lapangan. 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Fakultas Teknik (FT) Universitas Tribhuana Tunggadewi (Unitri) menggelar seminar nasional dalam rangka upaya mendorong terwujudnya green technology di Hotel Savana, Kota Malang, Sabtu (1/9/2018). Seminar itu bertemakan Penguatan Inovasi Green Technology menuju Kemandirian Masyarakat.

Dekan Fakultas Teknik Unitri, Dr Nawir Rasidi menjelaskan, seminar nasional itu merupakan kegiatan ilmiah yang menjadi agenda tahunan bidang pengelolaan fakultas teknik. Ada tiga bidang utama yakni Teknologi Industri, Lingkungan dan Infrastruktur.

Seminar itu akan mendatangkan pembicara yakni Prof Mahfud dari ITS, Dr Chaidir dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dan Dirut Jasa Tirta I Raymond Valiant MT.

"Seminar ini wadah publikasi ilmiah dari mahasiswa dan dosennya, terutama hasil riset," ujar Nawir, Jumat (31/8/2018).

Unitri juga menaruh perhatian pada oerkembangan teknologi di Indonesia bagian timur. Banyaknya mahasiswa Unitri yang berasal dari Indonesia bagian timur menjadi peluang tersendiri untuk membentuk SDM yang berguna.

"Pengembangan kita untuk wilayah Indonesia bagian timur agar hasilnya bisa dikembangkan di daerah asal. Seperti di bidang industri, dan sebagian kewirausahan," tegasnya.

Menurut Nawir, tantangan ke depan mahasiswa lulisan teknik adalah persaingan global. Bagaimana banyaknya teknologi dari luar yang masuk. Hal itu harus diimbangi inovasi serta kreativitas dari anak-anak dalam negeri.

"Kreativitas mahasiswa ini yang harus dipupuk. Kalau di bidang energi dan industri kan sudah 4.0," paparnya.

Ketua Pelaksana Seminar Galih Damar Pandulu mengungkapkan, Unitri berusaha menjawab kebutuhan atas implenentasi industri 4.0. Universitas merupakan sumber utama membentuk SDM.

"Mahasiswa yang majemuk di sini berasal dari beberapa daerah seperti Maluku, Sumba, Papua, Timor Leste, Madura dan Nusa Tenggara," kata Galih.

Diterangkan Galih, langkah dasar implementasi roadmap yang sudah diawali oleh Indonesia adalah peningkatan kompetenai SDM melalui kolaborasi antara lembaga pendidikan dan dunia industri. Selain itu, pembenahan infrastruktur untuk mendukung implementasi juga sangat diperlukan.

"Kami mencari bahan yang lebih ramah lingkungan, tapi tidak mengeksploitasi secara berlebihan. Seminar ini akan membuka pengetahuan ke arah sana," urainya.

Secara umum, seminar nasional ini diharapkan menjadi kolam ide menjawab tantangan era industri 4.0.

Penulis: Benni Indo
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved