Malang Raya

Desa Tulungrejo Kota Batu Bakal Miliki Rest Area yang Dibangun dengan Anggaran Rp 2,8 Miliar

Desa Tulungrejo Kota Batu Bakal Miliki Rest Area yang Dibangun dengan Anggaran Rp 2,8 Miliar

Desa Tulungrejo Kota Batu Bakal Miliki Rest Area yang Dibangun dengan Anggaran Rp 2,8 Miliar
SURYAMALANG.COM/Sany Eka Putri
Rest area di Desa Tulungrejo, Kota Batu, yang masih 40 persen pembangunan. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Tidak lama lagi Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu bakal memiliki rest area atau tempat istirahat. Rest area itu saat ini masih dalam tahap pembangunan sekitar 40 persen.

Kepala Desa Tulungrejo, Suliyono, mengatakan luas rest area sekitar 2800 meter itu dibangun menggunakan anggaran Dana Desa (DD) 2018 dengan total anggaran Rp 2,8 Miliar.

Tetapi tahun ini menggunakan anggaran tahap pertama yakni sebesar Rp 630 juta.

"Anggaran DD Desa Tulungrejo tahun 2018 ini 1,4 Miliar Rupiah. Nanti bertahap tahun ini tahap awal dulu," kata dia saat dihubungi, Minggu (14/10/2018).

Ia mengungkapkan, keberadaan rest area itu dibutuhkan karena di Desa Tulungrejo merupakan desa yang banyak tempat wisata. Selain itu, rest area ini nanti juga bakal difungsikan sebagai tempat parkir kendaraan besar yang akan menuju wisata yang tidak bisa diakses kendaraan besar, seperti bus.

"Nanti juga bakal ada warga Desa Tulungrejo yang berjualan di sini. Kami memberdayakan masyarakat sekitar juga untuk meningkatkan pendapatan di desa dan Kota Batu," paparnya.

Rest area itu berada tepat di pinggir jalan berseberangan dengan Rumah Sarfat. Suliono menambahkan di desanya masyarakat mayoritas bertani dan berjualan hasil panen. Di pinggir jalan banyak yang berjualan hasil panen seperti apel, jeruk, kentang.

"Nanti terpusat di rest area itu berjualannya. Ada pusat oleh-oleh, tempat istirahat, toilet. Fasilitas kami lengkapi semua," tuturnya.

Sementara itu Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu, Arif Purwanto menambahkan total anggaran DD untuk 19 Desa ialah Rp 21 Miliar. Dikatakannya semakin desa mampu mengelola anggaran DD pertahun, semakin bagus untuk penyerapan anggaran.

"Sekarang setiap desa sudah mampu untuk mengelola anggaran DD. Sehingga anggarannya cepat terserap dipergunakan untuk kebutuhan setiap desa," kata Arif.

Seperti yang diketahui anggaran DD tahun 2018 sebesar Rp 21 Miliar. Dengan rincian Kecamatan Batu, Desa Sumberejo Rp 926 juta, Desa Oro-Oro Ombo Rp 1,3 Miliar, Desa Sidomulyo Rp 1 Miliar, Desa Pesanggrahan Rp 1,1 Miliar.

Kecamatan Bumiaji, Desa Punten Rp 858 juta, Desa Gunungsari Rp 1,4 Miliar, Desa Tulungrejo Rp 1,3 Miliar, Desa Sumbergondo Rp 1 Miliar, Desa Pandanrejo Rp 1 Miliar, Desa Bumiaji Rp 1 Miliar, Desa Giripurno Rp 1,6 Miliar, Desa Bulukerto Rp 1,1 Miliar, Desa Sumber Brantas 1 Miliar.

Kecamatan Junrejo, Desa Beji Rp 977 juta, Desa Junrejo Rp 1,1 Miliar, Desa Tlekung Rp 931 juta, Desa Mojorejo Rp 890 juta, Desa Pendem Rp 1,1 Miliar, Desa Torongrejo Rp 1 Miliar.

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help