Malang Raya

Oalah Bes, Pemkot Malang Pangkas Dana Kesehatan Warga Miskin!

Asal tahu saja, alokasi anggaran untuk warga miskin itu turun drastis dibandingkan pada 2015...

Oalah Bes, Pemkot Malang Pangkas Dana Kesehatan Warga Miskin!
surya/hayu yudha prabowo
Wali Kota Malang saat blusukan ke Kotalama, Kedungkandang, Minggu (15/3/2015). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang hanya mengalokasikan anggaran untuk kesehatan warga miskin Rp 7,9 miliar di APBD 2016.

Anggaran itu sebagian besar digunakan untuk membayar premi asuransi BPJS Kesehatan warga miskin dan sisanya untuk berobat warga pemegang surat pernyataan miskin (SPM).

Asal tahu saja, alokasi anggaran untuk warga miskin itu turun drastis dibandingkan pada 2015. Pada 2015, Dinkes mengalokasikan anggara Rp 7,2 miliar khusus untuk membayar premi asuransi BPJS warga miskin.

Dinkes masih mengalokasikan anggaran kesehatan bagi warga pemegang SPM sebesar Rp 10 miliar.

Anggota Komisi D DPRD Kota Malang, Choirul Amri mengatakan ke depan kesehatan bagi warga miskin akan ditanggung lewat BPJS Kesehatan.

Pemkot Malang akan membayar premi asuransi BPJS bagi warga miskin. Dengan begitu, alokasi anggaran kesehatan bagi warga miskin pemegang SPM memang harus berkurang.

"Untuk itu, masyarakat miskin yang belum ikut BPJS harus segera mendaftar. Agar masyarakat mudah mendapatkan pelayanan kesehatan," kata Choirul Amri, Jumat (23/10/2015).

Menurutnya, alokasi anggaran kesehatan untuk warga miskin Rp 7,2 miliar itu hanya hingga perubahan anggaran keuangan (PAK) 2016. Rencananya, di PAK 2016, Pemkot Malang akan menambah alokasi anggaran kesehatan bagi warga miskin.

"Nanti anggarannya ditambah lagi pas PAK 2016," ujarnya.

Anggota Komisi D lainnya, Hadi Susanto mengatakan Dinkes tetap harus mengalokasikan anggaran kesehatan bagi warga miskin pemegang SPM. Persoalannya, masih banyak masyarakat miskin yang belum ikut BPJS Kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Samsul Hadi
Editor: Aji Bramastra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved