Nganjuk

Inikah Keluarga Termiskin di Indonesia? Baca Kisahnya, Jangan Lupa Siapkan Tisu, Mungkin Anda Nangis

Pepatah 'banyak anak banyak rejeki' tidak berlaku bagi keluarga Supriyanto. Karena banyak anak, kehidupan mereka pun sangat menyedihkan

Inikah Keluarga Termiskin di Indonesia? Baca Kisahnya, Jangan Lupa Siapkan Tisu, Mungkin Anda Nangis
SURYAMALANG.COM/Didik Mashudi
Supriyanto bersama istri dan anak-anaknya di depan rumahnya 

SURYAMALANG.COM, NGANJUK - Pepatah 'banyak anak banyak rejeki' tidak berlaku bagi keluarga Supriyanto (36).

Karena anaknya ada enam, Supriyanto kini bingung memberi nafkah. Malahan tiga anaknya yang masuk usia sekolah SD kini malah drop out.

Supriyanto warga Dusun Kujon, Desa/Kecamatan Warujayeng, Kabupaten Nganjuk sehari-hari hanyalah buruh serabutan. Sehingga penghasilan yang diperolehnya juga tidak menentu.

Jika order banyak, hasilnya juga lumayan, namun kalau order sepi penghasilan juga tidak ada. Padahal dari penghasilan yang diperolehnya ada tujuh anggota keluarganya yang harus mendapatkan nafkah.

Niko anak tertua Supriyanto saat ini telah berusia 13 tahun terpaksa putus sekolah saat masih kelas 5 SD. Pemicunya orangtuanya tidak punya cukup biaya untuk membeli perlengkapan sekolah dan buku.

"Untuk makan saja sehari-hari kami serba kekurangan. Kalau untuk membiayai sekolah uang dari mana lagi," ungkapnya.

Supriyanto malahan mengungkapkan gejolak hatinya terkait pendidikan SD gratis yang didengungkan selama ini ternyata tidak sesuai kenyataannya. Karena ketiga anaknya yang masuk sekolah SD ternyata masih butuh biaya.

"Katanya gratis, tapi kami masih ditarik macam-macam, ada beli seragam dan buku," ungkapnya.

Sehingga ketiga anaknya yang mestinya bersekolah SD saat ini tidak mengenyam pendidikan. Sementara tiga anaknya yang lain saat ini masih usia balita yang terkecil usia setahun.

Meski masuk kategori warga sangat tidak mampu, Supriyanto hanya mendapatkan bantuan beras untuk rakyat miskin (raskin). Itu pun jumlah yang diterima setiap bulan juga tidak menentu.

Halaman
12
Penulis: Didik Mashudi
Editor: eko darmoko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved