Malang Raya

Mahasiswa Universitas Negeri Malang Wakili Indonesia di Kompetisi Matematika Internasional

Sebelum berangkat ke Bulgaria pada 30 Juli, Faikar akan menjalani pembinaan di Jakarta selama 2 minggu dengan peserta lain.

Mahasiswa Universitas Negeri Malang Wakili Indonesia di Kompetisi Matematika Internasional
SURYAMALANG.COM/Neneng Uswatun Hasanah
Muhammad Faikar Mustafidz Al Habibi, mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang (UM) lolos mewakili Indonesia pada International Mathematics Competition di Bulgaria. 

SURYAMALANG.COM, LOWOKWARU - Muhammad Faikar Mustafidz Al Habibi, mahasiswa jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang (UM) lolos mewakili Indonesia bersama delapan orang lainnya untuk mengikuti International Mathematics Competition di Bulgaria, 31 Juli-6 Agustus 2017.

Faikar mendapatkan undangan khusus untuk mengikuti seleksi bersama 24 orang se-Indonesia.

"Peserta seleksi berasal dari tiga jalur, yaitu ONMIPA, OSN Pertamina, dan undangan khusus karena keikutsertaan tahun lalu," jelasnya pada SURYAMALANG.COM, Selasa (13/6/2017).

Ada 20 orang peraih medali ONMIPA yang mengikutu seleksi IMC, satu orang peraih medali emas OSN Pertamina, dan empat orang undangan khusus, termasuk Faikar. Ia meraih peringkat empat dari sembilan orang yang terpilih mewakili Indonesia.

"Tahun lalu saya menjadi salah satu peserta dari 320 peserta seluruh dunia dan mendapatkan Honorable Mention, seperti juara harapan," kata lulusan SMAN 1 Bangil Pasuruan itu.

Sebelum berangkat ke Bulgaria pada 30 Juli, Faikar akan menjalani pembinaan di Jakarta selama 2 minggu dengan peserta lain.

"Nanti akan dibina oleh dosen dari ITB, UGM, dan sebagainya," ujarnya.

Pria kelahiran 2 Februari 1995 itu mengatakan sudah menyukai matematika sejak SD. Ia merasa tertentang dengan pembelajaran matematika yang bisa digunakan sebagai alat dalam latihan berpikir.

"Seru saja bermain rumus dan angka. Terutama aljabar. Kita harus memahami dasarnya untuk bisa menguasai perhitungan huruf yang digunakan dalam aljabar," terangnya.

Mahasiswa asal Sidoarjo itu berencana untuk melanjutkan kuliah S2 di jurusan Matematika ITB setelah lulus nanti. "Ya semoga semuanya lancar," harapnya.

Penulis: Neneng Uswatun Hasanah
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved