Inilah Kiprah Eddy Rumpoko, Mantan Walikota Batu Yang Ditangkap KPK

Eddy Rumpoko resmi divonis penjara selama 3 tahun dan denda Rp 300 juta, Sebelum kasus ini menjerat dirinya, Kiprah Eddy ternyata cukup mengesankan

Inilah Kiprah Eddy Rumpoko, Mantan Walikota Batu Yang Ditangkap KPK
SURYAMALANG.COM/M Taufik
Eddy Rumpoko di Polda Jatim, Sabtu (16/9/2017) malam. 

SURYAMALANG.COM - Mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko (ER) telah resmi divonis penjara selama tiga tahun dan denda Rp 300 juta subsidair tiga bulan kurungan oleh majelis hakim dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor Surabaya, Jumat (27/4/2018).

Selain itu, majelis hakim Pengadilan Tipikor Surabaya juga mencabut hak politik mantan Wali Kota Batu itu selama tiga tahun.

Kasus ini bermula saat ER ditangkap oleh petugas KPK di rumah dinasnya pertengahan September 2017 lalu karena diduga menerima suap berupa mobil merek Toyota New Alphard senilai Rp 1,6 miliar dari pengusaha Filiphus Djap.

Sebelum kasus ini menjerat dirinya, Eddy ternyata memiliki perjalanan karir yang cukup gemilang.

Berdasarkan biodata yang dicatat oleh Litbang Kompas, Eddy menyelesaikan jenjang sekolahnya di Jawa Timur.

Setelah lulus dari SDK ST Xaverius, Surabaya pada 1972, ia melanjutkan ke SMP Taman Siswa/Taman Dewasa, lalu beranjak ke SMA Negeri 5, Malang.

Sebelum menjadi wali kota, ia beberapa kali menduduki jabatan direktur utama sejumlah perusahaan, yakni PT Unicora Agung, PT Janaka Agung, dan PT Duta Perkasa Unggul Lestari.

Eddy juga pernah tercatat sebagai Komisaris Harian Umum Malang Post.

Dalam hal berorganisasi, Eddy pernah menjabat dalam Pengurus Daerah Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Timur, menjadi Generasi Muda Forum Komunikasi Putra-putri Purnawirawan TNI/Polri (GM FKPPI) Jawa Timur, serta anggota Pemuda Pancasila Jawa Timur.

Namanya juga masuk dalam anggota DPP PDI Perjuangan.

Halaman
123
Penulis: Putra Dewangga Candra Seta
Editor: Putra Dewangga Candra Seta
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved