Malang Raya

Kantor Dispendukcapil Kota Batu Seperti Pesawat, Pegawainya Berseragam Mirip Pramugari

Kepala Dispendukcapil Maulidiono mengatakan kalau penampilan para teller ini untuk membuat suasana saat pelayanan menjadi lebih semangat

Penulis: Sany Eka Putri | Editor: eko darmoko
IST
Seragam pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu mirip pramugari. 

SURYAMALANG.CON, BATU - Ada yang unik dari pelayanan di Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Batu.

Pegawai di kantor Dispendukcapil Kota Batu menggunakan pakaian layaknya pramugari, tak ayal suasana kantor Dispendukcapil pun serasa seperti dalam pesawat.

Pemandangan baru ini, diterapkan oleh pihak Dispendukcapil sejak Februari 2018 ini.

Tentu, penampilan para pegawai teller ini untuk menambah semangat masyarakat maupun pegawai itu.

Kepala Dispendukcapil Maulidiono mengatakan kalau penampilan para teller ini untuk membuat suasana saat pelayanan menjadi lebih semangat.

"Karena kalau mereka dibuat penampilan semenarik mungkin masyarakat yang mengurus di sini lebih semangat. Pegawainya juga lebih terlihat fresh dan ceria," kata Maulidono, Selasa (10/7/2018).

Pakaian itu ternyata ada warnanya disesuaikan dengan hari. Yakni warna Biru untuk hari selasa dan warna orange hari Kamis. Sedangkan hari lainnya warna putih dan menggunakan batik.

Ide itu ia dapatkan dari ide anggotanya. Karena menyesuaikan dengan gedung pemerintahan Kota Batu di Balai Kota Among Tani yang megah. 

Oleh karena itu penampilan pegawainya juga harus semenarik mungkin.

"Kalau sudah seperti ini, kami sesuaikan dengan pelayanan kami. Semaksimal mungkin harus lebih baik. Lebih ramah, dan lebih komunikatif dengan masyarakat," imbuhnya.

Di ruang pelayanan itu ada 10 loket. Setiap loketnya disediakan satu pegawai yang siap melayani masyarakat yang hendak mengurus surat-surat di kantor Dispendukcapil.

Baik wanita dan laki-laki, menggunakan pakaian layaknya seorang pramugari.

Satu masyarakat yang hendak mengurus surat pindahan kependudukan, Satriyo, mengatakan bentuk pelayanan ini sangat bagus dan menginspirasi.

Ia mengakui kalau ia terkesan dengan penampilan pegawai teller di Dispendukcapil.

"Penampilannya bagus, menarik, dan ramah. Karena kalau orang awam seperti saya, kan masih belum tahu tentang mengurus ini itu.

"Nah pas dipanggil, mereka benar-benar ramah, memberikan pengarahan sampai kami jelas," katanya. 

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved