Gresik

Melihat dari Dekat Para Pemburu Daging Kurban untuk Dijual Murah di Gresik

"Dapat dari masjid, kemudian kami jual untuk mendapat uang," kata Masripah sambil menawarkan daging di tas plastik.

Melihat dari Dekat Para Pemburu Daging Kurban untuk Dijual Murah di Gresik
sugiyono
MURAH - Masyarakat pemburu daging kurban menjual dan membeli daging kurban dengan murah di Kali Tutup, Jl Hasyim Asy'ari, sebelah timur Pasar Kota Gresik, Rabu (22/8/2018). 

SURYAMALANG.COM, GRESIK - Pembagian daging kurban di masjid-masjid wilayah Kota Gresik menjadi sasaran masyarakat yang berburu daging gratis. Namun, setelah mendapatkan daging, mereka menjualnya ke pasar dengan harga murah.

Seperti yang terlihat di Jl Hasyim Asy'ari, sebelah timur Pasar Kota Gresik. Banyak orang yang menjual daging kurban yang baru didapatkan dari masjid dan musala.

Mereka ada yang membawa daging seberat 0,5 kilogram, satu kilogram bahkan satu sak beras ukuran 25 kilogram.

Daging kurban yang didapat berupa daging sapi dan daging kambing. Ada yang jual tulang-tulang dengan sedikit dagingnya, kaki kambing dan lemak sapi.

"Dapat dari masjid, kemudian kami jual untuk mendapat uang," kata Masripah sambil menawarkan daging di kresek plastik, Rabu (22/8/2018).

Harga daging dan tulang-tulang daging kurban dijual sangat murah dan di bawah harga pasar pada umumnya.

Jika daging sapi pada hari-hari biasa di Pasar Baru Gresik dijual Rp 100.000 perkilogram, ketika hari raya kurban, daging dan tulang-tulang hewan kurban ini dijual hanya Rp 40.000 sampai Rp 70.000 per kilogram.

Masripah mengaku bahwa telah berburu dari masjid ke masjid dan musala untuk mendapatkan daging kurban secara gratis.

Bahkan, anggota keluarga dikerahkan untuk menyebar dan antre di Masjid dan Musala. Terkadang juga berbagi informasi jadwal pembagian daging gratis di masjid dan musala melalui telepon selulernya.

Seperti yang terlihat di masjid area Pelabuhan Gresik, masyarakat pemburu daging kurban rela menunggu setelah kupon yang dibagikan ke masyarakat sekitar habis terbagi.

Halaman
12
Penulis: Sugiyono
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved