Breaking News:

Surabaya

Bantu Korban Gempa Sulawesi, Pemprov Jatim Transfer Bantuan Dana Rp 5 Miliar

Selain mengirimkan personil medis, Pemprov Jatim juga mengirimkan tim Tanggap Siaga Bencana dari Dinas Sosial.

Tribunjatim.com/Sofyan Arif Candra Sakti
Gubernur Jatim, Soekarwo sebut Pemprov Jatim telah kirim bantuan dana untuk korban gempa Palu dan Donggala, Senin (1/10/2018). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra Sakti

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengirimkan bantuan dana sebesar Rp 5 Miliar untuk korban bencana gempa bumi dan tsunami di Donggala dan Palu, Sulawesi Tengah.

Hal tersebut diungkapkan Gubernur Jatim, Soekarwo saat ditemui usai Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Senin (1/10/2018) di Gedung Negara Grahadi Jalan Gubenur Suryo, Surabaya.

"Pertama, kita hari ini sebagaimana permintaan Pak Mendagri mentransfer uang Rp 5 miliar dari Pemprov, terus kedua tenaga dokter sama ortopedi kita kirim," kata Pakde Karwo.

Selain itu, Pakde Karwo mengatakan, selain mengirimkan personil medis, Pemprov Jatim juga mengirimkan tim Tanggap Siaga Bencana dari Dinas Sosial.

"Yang maju ke sana sebagai tim advance (cepat tanggap) ada 10 yang berangkat hari ini," kata Pakde Karwo.

Nantinya, tim advance atau tim laju tersebut akan mengirimkan informasi dan rincian berupa kondisi, logistik dan personil yang diperlukan di Donggala dan Palu.

Pada kesempatan yang sama, Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman mengatakan, bahwa Kodam V Brawijaya juga sudah menyiapkan personil untuk diberangkatkan ke Palu dan Donggala.

"Pasukan jajaran kodam V Brawijaya sudah disiapkan, nanti kalau sudah ada perintah dari mabes TNI baru kita berangkatkan," kata Arif.

Arif mengatakan bahwaTNI mempunyai Batalyon Zeni Tempur yang mempunyai keahlian khusus dalam penanggulangan bencana.

"1500 personil kami sudah siap, logistik juga sudah siap, dan tinggal perintahnya nanti berapa yang diberangkatkan," tuturnya.

Editor: Achmad Amru Muiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved