Lumajang

Sudah Tiga Hari Pendaki asal Brebes Dilaporkan Tewas di Gunung Semeru Tapi Belum Ditemukan

Operasi SAR pencarian Saidin (20) di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Gunung Semeru belum membuahkan hasil.

Sudah Tiga Hari Pendaki asal Brebes Dilaporkan Tewas di Gunung Semeru Tapi Belum Ditemukan
Operasi SAR pencarian Saidin (20) di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Gunung Semeru belum membuahkan hasil hingga hari ketiga pencarian, Minggu (7/10/2018). 

SURYAMALANG.COM, LUMAJANG - Operasi SAR pencarian Saidin (20) di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Gunung Semeru belum membuahkan hasil hingga hari ketiga pencarian, Minggu (7/10/2018).

Menurut Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang Wawan Hadi Siswoyo, pencarian hari ketiga dimulai sejak pukul 07.00 Wib.

"Pencarian sampai pukul 16.10 Wib dan belum membuahkan hasil. Pencarian hari ini dihentikan dan dilanjutkan besok," ujar Wawan Hadi, Minggu (7/10/2018).

Operasi SAR pencarian Saidin, pemuda asal Desa Banjarsari Kecamatan Bantarkawung, Brebes, Jawa Tengah itu dilakukan sejak Jumat (5/10/2018).

Tim pencari dibagi dalam lima satuan regu. Dan satu tim bersiaga di Pos Tawonsongo.

Tim pencari berasal dari Tim Reaksi Cepat BPBD, TNBTS, Basarnas Jember, juga tim SAR Mahameru. Pencarian juga melibatkan Affan Abdullah, survivor yang mendaki Semeru bersama Saidin.

Wawan menambahkan tim pencari sudah mengidentifikasi kawasan dan titik koordinat yang telah didatangi. "Pencarian sampai ke kawasan yang disebut Gunung Jangle," lanjut Wawan.

Keluarga Saidin dan Affan juga sudah berada di Lumajang.

Saidin merupakan pendaki Gunung Semeru yang oleh temannya, Affan Abdullah, dilaporkan meninggal dunia.

Affan melapor pertama kali ke Kades Pasrujambe pada Kamis (4/10/2018). Affan melapor jika teman seperjalannya mendaki Gunung Semeru, Saidin meninggal dunia setelah terjatuh dari pohon yang dipanjatnya.

Affan melapor Saidin tewas pada 25 September 2018. Kedua orang ini mendaki melewati rute Tawongsongo - Pasrujambe, Lumajang.

Rute ini bukan rute umum mendaki Semeru. Rute untuk pendaki adalah melewati Pos Ranupani Kecamatan Senduro, Lumajang.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved