Breaking News:

Lamongan

Ratusan Siswa SMPN Karanggeneng Lamongan Salat Ghaib Untuk Korban Gempa Dan Tsunami Sulteng

Para siswa dan guru SMPN 1 Karanggeneng menunjukkan empatinya dengan melaksanakan shalat ghaib dan doa bersama di halaman sekolah

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Achmad Amru Muiz
surya malang/Hanif Manshuri
Para siswa mendengarkan tausyiah usai jamaah salat ghaib untuk korban gempa bumi dan tsunami Sulteng, Senin (8/10/2018) 

SURYAMALANG.COM, LAMONGAN - Musibah gempa bumi dan tsunami menguras pergatian semua kalangan masyarakat. Sikap empati terus mengalir dari semua elemen, untaian doa bagi korban gempa dan tsunami, di Donggola, Palu dan Sigi terus mengalir.

Kali ini, para siswa dan guru SMPN 1 Karanggeneng menunjukkan empatinya dengan melaksanakan shalat ghaib dan doa bersama di halaman sekolah, Senin (8/10/2018). “Shalat ghaib ini kami laksanakan untuk korban gempa Sulteng,” kata H Mansur, guru Pendidikan Agama Islam.

Diungkapkan, pelaksanaan sholat ghaib ini sebagai pembelajaran agama dengan cara praktek langsung oleh seluruh siswa SMP Negeri 1 Karanggeneng. Dan disambung dengan tausiyah.
Barangkali para siswa sering sholat jenazah, tapi jarang sholat ghaib. Makanya ini sebagai wujud praktek langsung.

Sebelum menggelar shalat ghaib untuk korban gempa, tsunami, dan tanah longsor, seluruh siswa terlebih dahulu menggelar shalat ghaib untuk almarhum H Ridwan istri dari Murjayati salah seorang guru di SMP Negeri 1 Karanggeneng.

"Ada dua salat ghaib yang dilaksanakan hari ini. Untuk Pak Ridwan dan korban Sulteng," katanya.

Sementara Kepala sekolah SMP Negeri 1 Karanggeneng, R.Chusnu Yuli Setyo menjelaskan, kegiatan religi ini memberikan dampak positif bagi para siswa. Akan ada dampak sangat positif dengan kegiatan shalat ghaib seperti ini.

Apalagi, dibeberkan, Chusnu, sebagai SMP Negeri, juga konsen mengembangkan karakter religius ke siswanya. Satu di antaranya Program Jumat Pagi Religi (Program Jeli).

Kegiatan religi sangat banyak, ada program Sehat (setoran hafalan ayat dan surat), Program Majelis Kajian Islam (belajar Al Quran dan hadits, aqidah akhlaq dari kitab kuning ), sholat duhur berjamaah, doa bersama siswa dan orang tua, dan lainnya.

Dengan berbagai program religi satu di antaranya shalat ghaib dan doa bersama bagi korban gempa, tsunami, dan tanah longsor di Donggola, Palu dan Sigi, siswa SMPN 1 Karanggeneng lebih tenang dalam belajar, mudah diorganisir, dan santun dalam bertingkah.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved