Jember

Mahasiswa Verifikator Kembalikan Berkas Hasil Verifikasi Penerima Rastra Di Jember

Ribuan penerima beasiswa ini disebar di seluruh desa dan kelurahan di 31 kecamatan se-Kabupaten Jember. Mereka meverifikasi kembali penerima Rastra.

Mahasiswa Verifikator Kembalikan Berkas Hasil Verifikasi Penerima Rastra Di Jember
suryamalang.com/Sri Wahyunik
Ribuan berkas hasil verifikasi penerima Rastra yang dilakukan oleh mahasiswa penerima beasiswa Pemkab Jember 

SURYAMALANG.COM,  JEMBER - Ribuan mahasiswa penerima beasiswa dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember mulai mengembalikan berkas hasil verifikasi terhadap penerima beras sejahtera (Rastra). Seperti diketahui, Pemkab Jember memberikan beasiswa kepada ribuan mahasiswa.

Sebagai penerima beasiswa daerah, mereka diminta membantu Pemkab Jember untuk memverifikasi penerima Rastra. Ribuan penerima beasiswa ini disebar di seluruh desa dan kelurahan di 31 kecamatan se-Kabupaten Jember. Mereka meverifikasi kembali penerima Rastra sejak 3 November hingga 12 November.

"Setelah itu mereka mengembalikan berkas hassil verifikasi ke Dinas Sosial. Pengembalian berkas dilakukan di Pendapa karena memang jumlahnya banyak," ujar Asisten Perekonomian Pemkab Jember Edy Budi Susilo kepada Surya, Jumat (16/11/2018).

Mereka yang melakukan verifikasi adalah penerima beasiswa gelombang 3 dan 4 tahun 2018. Jumlah penerima beasiswa gelombang 2 sebanyak 2.284, dan penerima gelombang ke-4 sebanyak 1.707 orang. Mereka turun ke desa dan kelurahan.

"Verifikasi ini sebagai langkah pemutakhiran data atau up-dating. Apakah penerima Rastra ini masih layak atau tidak. Mungkin ada yang sudah sejahtera sehingga tidak lagi termasuk dalam kategori penerima. Ada yang seharusnya masuk penerima namun tidak masuk. Mungkin juga ada yang sudah meninggal dunia," lanjut Edy.

Data-data ini nantinya akan masuk ke Basis Data Terpadu yang akan tersalurkan ke Musyawarah Desa dan Musyawarah Kelurahan, juga akan dikirimkan ke Kementerian Sosial.

Berdasarkan data dari Pemkab Jember, jumlah penerima manfaat Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) termasuk Rastra di dalamnya sebanyak 178.350 keluarga penerima manfaat (KPM). Edy berharap hasil verifikasi dari mahasiswa penerima beasiswa ini semakin memvalidkan data KPM tersebut.

Sementara itu Bupati Jember Faida menegaskan pelibatan mahasiswa penerima beasiswa daerah sebagai verifikator itu sekaligus untuk menumbuhkan tingkat kepekaan mereka. "Mahasiswa harus peka sosial, peka dengan situasi dan kondisi di sekitarnya. Karenanya kami libatkan dalam proses verifikasi ini," kata Faida.

Dengan mereka peka sosial, lanjutnya, diharapkan menumbuhkan tingkat kepedulian mereka kepada sesama dan lingkungan.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved