Breaking News:

Pamekasan

Gali Potensi Anak Lewat Tahfidz Quran, Zahra Sabet Juara Pertama se-Madura

Diharapkan kegiatan tanfidz Quran menjadi jembatan silaturrahmi antara pihak kampus, dosen dengan lembaga pendidikan PIAUD dan sederajat di Madura

Penulis: Muchsin | Editor: Achmad Amru Muiz
suryamalang.com/Muchsin
Juara pertama, Tahfidz Quran, se Madura, Zahra Aurelia Hidayat, saat menerima hadiah dari panitia lomba di aula IAIN Madura. 

SURYAMALANG.COM, PAMEKASAN - Zahra Aurelia Hidayat, siswi Raudatul Athfal (RA) Al Munawarah, Pamekasan, meraih juara pertama lomba Tahfidz Quran,  tingkat Pendidikan Islam Anak Usia (PIAUD) dan sederajat se Madura yang digelar Himpunan Mahasiswa Program Studi (Prodi) PIAUD Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, di Pamekasan.

Ajang Festival Budaya Nusantara yang berlangsung selama lima  hari itu, penyerahan hadiahnya bagi pemenang lomba Tahfidz Quran (surat-surat pendek) dilakukan di aula IAIN Madura Jl Raya Panglegur, Pamekasan, sekaligus closing ceremony  Festival Budaya Nusantara, Kamis (15/11/2018) malam

 Zahra, pangilan putri bungsu dari tiga saudra, pasangan suami istri Achmad Herman Hidayat dan Melly Ariyanti,  menyisihkan 81 peserta dari 45 lembaga pendidikan di Madura. Di antaranya siswa Kelompok Bermain (KB) Taman Pendidikan Alquran (TPQ).  Dengan berhasilnya Zahra sebagai juara pertama, ia berhak mendapatkan hadiah piala tetap, piagam dan uang pembinaan.

 Sedang juara II diraih Zaki Ahmad Al Faruq, siswa RA Al Munawarah dan jura III diraih R Hanif Al Ghifari siswa TK SAE. Untuk Juara harapan I, Naila Fadilatur Romah, siswa RA Al Munawarah. Harapan II diraih Affan Hadira Maula, siswa RA Al Munawarah dan juara harapan III diraih Nafira Apriliyanti R, siswa RA Nurul Hikmah.

 Selain lomba Tahfidz Quran, juga digelar lomba Nasyid Islami, lomba mewanarnai. Bahkan lomba mendongeng tingkah mahasiswa se Jawa Timur. Jumlah seluruh peserta ajang Festival Budaya Nusantara ini, melibatkan 248 siswa. Penyerahan hadiahnya juga dilaksanakan secara berbarengan yang berlangsung meriah dan semarak.

Untuk lomba Tahfidz Quran ini, karena jumlah pesertanya cukup banyak dan dua kali lipat dari tahun sebelumnya, maka siswa yang dinyatakan masuk final, tidak langsung ditentukan siapa juaranya, melainkan disaring dulu dan diadu kembali untuk mendapatkan yang terbaik.

Ketua Himpunan Mahasiswa Prodi PIAUD IAIN Madura, Saiful Hukamak mengatakan, digelarnya berbagai lomba ini diharapkan menjadi jembatan silaturrahmi antara pihak kampus, dosen dengan lembaga pendidikan PIAUD dan sederajat di Madura, sekaligus memperat hubungan kelembagaan, yang kali ini bertepatan dengan hari lahirnya Prodi PIAUD IAIN Madura yang keempat.

Sedangkan Muliatul Maghfiroh, mewakili Ketua Prodi PIAUD IAIN Madura mengungkapkan, ia merasa bangga acara yang digelar ini berjalan dengan lancar. Dibanding tahun sebelumnya, lomba kali ini lebih bagus dan innovatif.

“Alhamdulillah, dengan digelarnya lomba pada anak usia dini untuk menggali pontensi kemampuan anak yang berkualitas. Semoga ke depan, dalam menggelar lomba, innovasi kita makin berkembang,” kata Muliatul Maghfiroh.

Sementara Melly Ariyanti, ibu kandung Zahra Aurelia Hidayat mengungkapkan, dirinya merasa senang dalam lomba ini putrinya menyabet juara pertama. Sebab, pada lomba di tahun sebelumnya yang digelar Prodi PIAUD IAIN Madura, Zahra hanya meraih juara harapan satu. Sehingga kali ini, anaknya kian giat berlatih menghafal surat-surat dalam Alquran tanpa mengenal waktu.

Diakui Mellu, keberhasilan anaknya ini juga tidak lepas dari bimbingan Ustad Sudarsono, guru pengajar di RA Al Munawarah dengan telaten. “Saya berterima kasih kepada ustad dan ustadah Al Munawarah yang telah memberikan bimbingan terhadap anak saya,” ujar Melly Ariyanti. 

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved