Tulungagung

Terkendala Biaya, Jenazah Mahasiswa IAIN Tulungagung Asal Thailand Dimakamkan Di TPU Dekat Kampus

Pihaknya kampus sudah berusaha membantu pemulangan jenazah Waehama. Namun seluruh total pembiayaan yang mencapai Rp 70 juta membuat kampus keberatan.

Terkendala Biaya, Jenazah Mahasiswa IAIN Tulungagung Asal Thailand Dimakamkan Di TPU Dekat Kampus
Ist
Dua teman berdoa di samping peti jenazah mahasiswa IAIN Tulungagung asal Thailand sebelum dimakamkan pihak kampus. 

SURYAMALANG.COM, TULUNGAGUNG - Seorang mahasiswa IAIN Tulungagung asal Pattani, Thailand, Waehama Duramae (26) meninggal dunia pada Senin (19/11/2018) pagi di RSUD dr Iskak. Ini setelah Waehama diketahui menderita kanker otak.

Namun, karena terkendala biaya untuk pemulangan jenazah, jenazah Waehama dimakamkan di TPU Desa Plosokandang Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung, Selasa (20/11/2018) malam.

Waehama saat ini duduk di semester 7 jurusan Ilmu Alquran dan Tafsir Fakultas Ushuludin IAIN Tulungagung.

Wakil Rektor III IAIN Tulungagung, Abad Badruzzaman, pihaknya sudah berusaha membantu pemulangan jenazah Waehama. Namun seluruh total pembiayaan yang mencapai Rp 70 juta, membuat kampus keberatan.

"Kami sudah konsultasi ke Konsulat Jendral Thailand di Surabaya dan Kedutaan Besar Thailand di Jakarta. Tapi tidak ada solusi yang diberikan," kata Abad, Rabu (21/11/2018).

Jawaban dari konsulat maupun kedubes, menyerahkan sepenuhnya jenazah ke IAIN Tulungagung. Pihak IAIN Tulungagung kemudian berkoordinasi dengan keluarga Waehama. Pihak keluarga kemudian mengizinkan Waehama dimakamkan di Indonesia.

"Dengan berbagai pertimbangan, akhirnya jenazah Waehama dimakamkan di komplek pemakaman di dekat kampus," sambung Abad.

Pemakaman dilakukan dengan segala keterbatasan. Setelah jenazah telah dimakamkan, ternyata nisan makam belum dipersiapkan.

Secara mendadak pihak kampus kemudian mencari nisan dan ditancapkan tanpa dituliskan nama. Rencananya, nisan itu akan diberi identitas Waehama pada hari ini.

Waehama mulai menjalani pendidikan di IAIN Tulungagung pada tahun 2015. Setiap tahun, IAIN Tulungagung memang memberikan beasiswa untuk 25 mahasiswa asal Thailand.

Beasiswa ini sudah diberikan sejak tahun 2013. Saat ini ada sekitar 110 mahasiswa asal Thailand yang kuliah di kampus terbesar di Tulungagung ini. 

Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved