Kabar Jember

Libur Imlek, Petugas KAI Cek Jalur Kereta Api Pastikan Kondisi Rel

Pengecekan jalur itu antara lain mengecek kondisi rel, seperti baut, bantalan, alat pemindah jalur, juga persinyalan.

Libur Imlek, Petugas KAI Cek Jalur Kereta Api Pastikan Kondisi Rel
Ist
Pengecekan jalur KA antara Probolinggo - Leces 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - Petugas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 9 Jember memanfaatkan libur Tahun Baru Imlek dengan mengecek jalur kereta api, selasa (5/2/2019). Pengecekan kali ini dilakukan di antara Stasiun Probolinggo - stasiun Leces sepanjang 12,5 kilometer.

VP Daop 9 Jember, Joko Widagdo memimpin pengecekan lintasan tersebut. Petugas mengecek jalur secara berjalan kaki.

"Setiap pekan sekali dilakukan pengecekan jalur, kali ini antara Stasiun Probolinggo - Leces. Sebelumnya antara Kalibaru - Glenmore. Pengecekan dilakukan dengan berjalan kaki, dan kali ini menghabiskan waktu cukup lama karena kami juga melakukan sosialiasi kepada warga di sekitar jalur kereta api," ujar Luqman Arief, Manajer PT KAI Daop 9 Jember kepada Suryamalang.com, Selasa (5/2/2018).

Pengecekan jalur itu antara lain mengecek kondisi rel, seperti baut, bantalan, alat pemindah jalur, juga persinyalan. Petugas juga mengecek kondisi sekitar rel, seperti batu ricak dan kondisi di sekitar rel kereta api apakah rawan terjadi longsor atau banjir.

"Seperti saat kami mengecek di Kraton, Pasuruan ditemukan sedimen lumpur di dekat rel. Itu harus dibersihkan segera," lanjut Luqman.

Petugas juga mengecek kondisi layanan dan fasilitas penumpang di stasiun. Dalam pengecekan kali ini, petugas tidak menemukan hal yang mencurigakan, atau hal darurat yang harus segera diperbaiki. Karenanya, petugas lebih banyak melakukan sosialisasi kepada petugas sukarelawan di pintu perlintasan tanpa palang pintu.

Sosialisasi itu melingkupi standar operasional yang harus dilakukan saat kereta api melintas. "Kami menyasar sukarelawan yang berjaga di pintu perlintasan tanpa palang pintu. Kami ingatkan lagi bagaimana SOP saat kereta api melintas. Para sukarelawan di pintu perlintasan ini sudah memiliki jadwal KA yang melintas," imbuh Luqman.

Sosialisasi tidak hanya diberikan kepada penjaga pintu perlintasan, namun juga warga di sekitar rel kereta api. Petugas meminta warga tidak menjemur barang atau menempatkan barang di area terdekat rel kereta api. Warga juga diminta mengawasi anak-anak, supaya tidak bermain di sepanjang rel kereta api.

Saat pengecekan jalur antara Stasiun Probolinggo - Leces, petugas menemukan warga menjemur kayu di batu ricak samping rel. Karenanya, petugas meminta warga memindahkan barang-barang tersebut.

"Apa yang kami lakukan ini, seperti pengecekan jalur ini untuk memastikan perjalanan kereta api aman, sehingga penumpang nyaman," pungkas Luqman.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved