Kabar Kediri

TPID Kota Kediri Sidak Pedagang Pasar Grosir Ngronggo, Pastikan Stabilitas Harga Bahan Pangan

Sidak TPID Kota Kediri ini dilakukan agar lonjakan harga bawang putih dan bawang merah di pasaran bisa terus ditekan.

TPID Kota Kediri Sidak Pedagang Pasar Grosir Ngronggo, Pastikan Stabilitas Harga Bahan Pangan
suryamalang.com/Didik Mashudi
Rombongan TPID Kota Kediri melakukan sidak pedagang grosir bawang merah dan bawang putih di Pasar Grosir Ngronggo, Kamis (25/4/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEDIRI - Setelah menggelar operasi pasar, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri melakukan sidak pedagang grosir bawang merah dan bawang putih di Pasar Grosir Ngronggo, Kamis (25/4/2019).

Sidak TPID Kota Kediri ini dilakukan agar lonjakan harga bawang putih dan bawang merah di pasaran bisa terus ditekan.

Kepala Barenlitbang Kota Kediri, Edi Darmasto mengatakan, pantauan dari sidak yang dilakukan harga bawang putih di Pasar Grosir masih berada di kisaran harga Rp 36.000 - Rp 39.000 per kg.

"Ini masih mencerminkan harga yang belum terlalu turun. Insya Allah trennya akan turun bila kita sandingkan dengan operasi pasar yang kita lakukan," ungkapnya.

Edi Darmasto menjelaskan, dengan kedatangan TPID Kota Kediri, diharapkan membuat psikologis para pedagang di pasar grosir untuk tidak menjual dengan harga terlalu tinggi. "Itu manfaat dari sidak-sidak yang kita lakukan," tegasnya.

Sementara Nasrulah, anggota TPID dari Kantor Bank Indonesia (BI) Kediri mengatakan, sidak dilakukan untuk menstimulasi para pedagang agar tidak menaikkan harga bawang merah dan bawang putih terlalu tinggi.

"Dengan upaya yang telah kita lakukan termasuk operasi pasar bisa menurunkan harga. Kami dari TPID senantiasa bergerak terus memantau harga untuk menekan angka inflasi," jelasnya.

Sedangkan Kepala BPS Kota Kediri, Ellyn T Brahmana mengatakan, TPID Kota Kediri berupaya dari setiap sisi supaya konsumen maupun pedagang tidak ada yang dirugikan. "Bila harga-harga ini turun sampai dengan batas wajar, maka akan berdampak pada inflasi," jelasnya.

Namun masalahnya, sekarang apakah inflasi di Kota Kediri bisa lebih rendah dari daerah tingkat dua yang lain. "Saya belum bisa untuk memantau itu karena di kelompok makanan masih tetap tinggi" jelasnya.

Penulis: Didik Mashudi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved